Festival di India yang digelar pekan lalu terlihat begitu menarik. Pasalnya, ada piramida manusia setinggi 15 meter.

Adalah Festival Janmashtami yang tampak begitu menarik. Ratusan orang berkumpul di sebuah alun-alun dengan pakaian berwarna-warni.

Di kerumunan warga yang berkumpul merayakan festival ini, terbentuk piramida yang dibentuk oleh orang-orang.

Puluhan orang berkumpul dengan bentuk bulat dan satu per satu warga lainnya naik dan berdiri di bahu orang di bawahnya. Sehingga menciptakan piramida setinggi 15 meter.

Festival Janmashtami dilakukan untuk menyambut kelahiran Dewa Krishna. Menurut tradisi, piramida manusia yang tinggi itu dibentuk untuk memecahkan pot mentega atau curd (susu kerbau) yang menggantung di langit-langit rumah supaya mereka bisa mengambil isinya.

Namun festival tahun ini diwarnai aksi protes dari para warga. Mereka tidak setuju dengan Mahkamah Agung India yang pada 17 Agustus lalu mengeluarkan larangan pemuda di bawah 18 tahun berpartisipasi dalam ritual tersebut. Lembaga tersebut juga membatasi ketinggian piramida menjadi enam meter saja.

Tetapi warga menentangnya dengan mengenakan kaus bertuliskan “I will break the law” dan membuat piramida setinggi 15 meter, lebih tinggi 9 meter dari ketinggian yang diizinkan pemerintah.

Pemerintah sendiri membuat peraturan tersebut karena diketahui ratusan orang terluka setiap tahunnya saat membuat piramida.

Anak-anak di bawah umur juga dilibatkan dalam piramida ini dengan mendaki ke tingkat paling atas tanpa alat keamanan sama sekali.

LEAVE A REPLY