Bagi banyak orang Indonesia yang menyukai traveling, dibayar untuk melakukan perjalanan adalah sebuah pekerjaan impian.

Ada banyak kesempatan di industri pariwisata untuk menghasilkan uang ketika mengunjungi beberapa daerah tujuan. Berikut ini 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang selama traveling.

1. Mengajar Bahasa Indonesia di Luar Negeri

Indonesia telah tumbuh menjadi pemain penting dalam panggung internasional dan kebutuhan untuk mempelajari Bahasa Indonesia pun meningkat. Misalnya di Australia, ada berbagai organisasi yang mencari tenaga pengajar Bahasa Indonesia seperti The Western Indonesian Language Teacher’s Association, Asia Literacy Teacher’s Association of Australia, dan The Australian Indonesian Association.

2. Menulis Cerita Perjalanan

Sungguh menyenangkan jika Anda dapat melakukannya. Banyak orang yang mendapat uang dengan menulis pengalaman petualangan mereka ketika traveling. Kalau Anda memiliki kemampuan menulis dan mempunyai cerita menarik untuk ditulis, tawarkan ide tulisan Anda ke majalah atau situs-situs yang relevan atau bahkan Anda bisa memulainya dengan blog travel sendiri. Siapa tahu suatu saat Anda bisa menjadi travel blogger bayaran?

3. Fotografi Travel

Fotografi merupakan hobi yang berkembang dengan pesat dan ada banyak fotografer yang makin cekatan dengan kamera. Anda mungkin bisa mendapatkan uang dari menjual foto-foto yang dihasilkan. Jika Anda mahir membuat video, Anda bisa membuat kanal YouTube sendiri dan mendapat bayaran dari itu.

4. Bekerja di Resor Ski

Anda tidak harus menjadi seorang instruktur ski untuk bekerja di resor ski. Banyak pekerjaan tersedia di tempat ini, yang kebanyakan memberikan akomodasi dengan harga murah bahkan gratis, potongan harga untuk makanan dan segala keperluan untuk musim dingin. Beragam pekerjaan, mulai dari instruktur ski (yang membutuhkan sertifikat instruktur) sampai pencuci piring (yang memerlukan ketahanan), dan masih banyak lagi ada di sini.

5. VSO (Voluntary Service Overseas atau Pelayanan Sukarela Luar Negeri)

Organisasi ini adalah lembaga amal internasional yang merekrut sukarelawan untuk bekerja di proyek-proyek mereka di kawasan-kawasan paling miskin di dunia. Sukarelawan berasal dari berbagai macam latar belakang. Ada berbagai posisi untuk anak muda yang tidak memiliki keahlian spesifik, juga untuk para profesional yang memiliki pengalaman. Anda dapat memanfaatkan kemampuan dengan baik dan bekerja di masyarakat setempat sebagai imbalan untuk biaya hidup, akomodasi, tiket penerbangan dan pelatihan.

LEAVE A REPLY