Liburan ke luar kota menggunakan mobil pribadi tentunya lebih menyenangkan dibandingkan transportasi umum. Selain bebas beristirahat kapan dan di mana saja, Anda juga punya banyak waktu untuk lebih dekat dengan keluarga selama perjalanan.

Namun, keliling kota dengan kendaraan pribadi harus memiliki perencanaan yang matang, termasuk pemakaian BBM. Jangan sampai anggaran liburan Anda beberapa hari ke depan jadi minim karena boros bensin.

Seperti dikutip dari Helium, berikut ini Tips Hemat BBM saat Melakukan Travelling Dengan Mobil Saat Liburan.

– Survei Tempat Tujuan
Ada baiknya bila sebelum travelling, Anda survei tentang tempat tujuan dan bagaimana cara menuju ke sana. Mungkin ada jalan alternatif yang lebih dekat atau tidak kena macet sehingga jarak tempuh kendaraan bisa lebih pendek dan tentunya menghemat BBM. Selain itu, risiko Anda dan keluarga tersesat selama perjalanan juga lebih kecil.

– Matikan AC Mobil
Air conditioner (AC) menghabiskan lebih banyak BBM. Jadi bila sekiranya penggunaan AC tidak terlalu penting, sebaiknya tidak usah dinyalakan. Apalagi bila mobil Anda melaju di jalan tol yang lancar, di antara pepohonan rindang dengan udara segar. Bukalah jendela mobil dan rasakan semilir angin segar selama perjalanan.

– Jangan Memanaskan Mobil Terlalu Lama
Hilangkan kebiasaan memanaskan mesin mobil terlalu lama, jika Anda ingin menghemat bensin selama perjalanan jauh. Memanaskan mesin mobil hanya perlu waktu paling lama 5-10 menit, bukan 15-30 menit sebelum berangkat. Sebaiknya tidak menyalakan AC saat memanaskan mobil.

– Jangan Ngebut
Selain berbahaya bagi keselamatan berkendara, melaju dengan kecepatan tinggi juga membuat bensin Anda cepat habis. Saat berkendara menggunakan mobil, jangan terlalu sering memijakkan kaki ke pedal gas terlalu dalam. Anda dan keluarga mungkin ingin cepat sampai tujuan, tapi cobalah nikmati kebersamaan dan pemandangan di sisi kanan-kiri jalan. Anda pasti akan lebih rileks, tenang, selamat sampai tujuan dan, hemat BBM.

LEAVE A REPLY