Selsain Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan juga ikut membantu mempercepat wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Menurutnya, banyak perubahan yang dilakukan olehnya demi membuat wisatawan mancanegara lebih mudah berwisata ke Indonesia.

“Banyak destinasi wisata atau keindahan Indonesia yang tak terlihat dan ini harus dirasakan oleh seluruh wisatawan mancanegara ketika datang ke Indonesia. Caranya berilah kemudahan,” ucap Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan di acara Rakornas Kemnterian Pariwisata Go Digital Be The Best di E-Convention Ancol, Kamis (15/9/2016).

Perubahan pertama adalah menurunkan harga landing private jet. Luhut melihat bila harga yang ditawarkan Indonesia terlalu mahal.

“Anda lihat saja harga landing private jet di Indonesia lebih mahal ketimbang Singapura. Untuk Indonesia USD4 ribu sedangkan Singapura USD1.000 dan ini harus diubah,” paparnya.

Selain itu proses kemudahan cruise untuk ke Tanah Air juga dilakukan. Luhut Panjaitan melihat betapa sulitnya cruise untuk datang ke Tanah Air.

“Sistem di pelabuhan di Indonesia harus diubah, mengapa? agar kapal pesiar Internasional bisa singgah. Selain itu jalur pelayaran khususnya pelabuhan di pantai Timur juga akan diubah,” bebernya lagi.

Hal lain adalah soal kenyamanan wisatawan berwisata ke Indonesia menjadi nomor satu. “Coba datangi Pulau Seram, bayangkan saja sampai sekarang tidak ada listrik. Bagaimana wisatawan bisa nyaman jika ini tidak berubah?, oleh karenanya kenyamanan menjadi nomor satu,” tukasnya.

LEAVE A REPLY