Industri pariwisata Indonesia kembali menorehkan prestasi di internasional. Kemenpar menerima 4 Penghargaan PATA Gold Awards 20016 di Bangkok, Thailand.

Seperti diketahui, ajang pariwisata se-Asia Pasik, PATA Gold Awards 2016 telah memberikan 4 penghargaan pada Indonesia. Hal ini semakin memberikan citra baik ‘Wonderful Indonesia’ di mata dunia internasional.

Pengumuman PATA Gold Awards 2016 itu dilakukan di Bangkok 21 Juli 2016 lalu. PATA sendiri adalah Pacific Asia Travel Association alias asosiasi pariwisata Asia Pasifik yang terbentuk sejak tahun 1951 dan bermarkas di Thailand.

Perhelatan yang didukung langsung oleh Dinas Pariwisata Pemerintah Macau (MGTO) tersebut, mendapat penilaian langsung dari 26 organisasi dan individu yang kategorinya terpisah.

Di PATA Gold Awards, PATA memberikan 4 Grand Awards dan 29 Gold Awards. Ke-4 Grand Awards itu mencakup empat kategori: Pemasaran, Pendidikan dan Pelatihan, Lingkungan, dan Pusaka dan Budaya.

“Award ini memiliki 3 makna sesuai dengan yang diungkapkan pak Menteri, Yakni menaikkan confidence sebagai bangsa, mengangkat credibility sebagai negara, dan berfungsi sebagai calibration untuk memotret seberapa hebat Wonderful Indonesia itu,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Asia Pasifik, Vincensus Jemadu, dikutip Facebook resmi Kementerian Pariwisata RI, Rabu (24/8/2016).

Semua penghargaan tersebut akan diserahkan secara langsung di acara PATA Travel Mart 2016 mendatang.

“Sukses Indonesia meraih 3 Gold Awards tahun ini bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan branding Wonderful Indonesia dalam pentas kompetisi pariwisata dunia,” pungkasnya.

Selain itu, Indonesia juga mendapatkan apresiasi untuk program ‘Gerhana Matahari Total – GMT (Total Solar Eclipse)‘ yang berhasil memenangkan penghargaan kategori Marketing – Primary Government Destination.

Kementerian Pariwisata dinilai berhasil melihat potensi turisme yang besar dalam peristiwa alam yang terjadi pada 9 Maret 2016.

“Saya rasa strategi pemasaran ‘jemput-bola’ berhasil meningkatkan raihan penghargaankita dibandingkan tahun 2015 yang hanya mendapatkan 1 Gold Awards,” tutupnya.

LEAVE A REPLY