Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, tak hanya wisata Danau Kelimutu tetapi, juga ada pemandangan indah dari Gunung Meja.

Selain itu, Ende juga menyimpan wisata sejarah yang tak kalah filosofis. Di sini terdapat sebuah rumah perenungan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Di halaman rumah tersebut ada sebuah pohon Sukun dengan lima cabang.

“Tanpa Ende tidak akan ada landasan negara ini,” ucap Bupati Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Ir. Marselinus Y.W Petu, dalam sambutan pembukaan acara Festival Danau Kelimutu 2016, belum lama ini.

Ia menambahkan Ende layak menjadi kota Pancasila. Karena di rumah perenungan tersebut, Bung Karno mendapat ilham melahirkan pemikiran yang sangat filosofis, lia dasar negara dari lima cabang pohon Sukun, yaitu menjadi Pancasila.

“Untuk menjadikan Ende sebagai kota Pancasila kami dan pemerintah pusat sudah berembuk untuk mendesain Gunung Meja dengan dana sekira Rp2 miliar,” sambungnya.

Nanti, setengah bukit bagian atas Gunung Meja akan ditamani bunga Bougenville merah. Semantara setengah ke bawah akan di taman bunga Bougenville berwarna putih.

“Di puncak bukit akan didirikan patung Soekarno setinggi 17 meter dan delapan meter akan ditulis bacaan ‘Ende Kota Pancasila’. Sehingga dari darat, laut, dan udara akan tampak Ende sebagai kota Pancasila,” tungkasnya.

LEAVE A REPLY