5-paramida-tertua-di-mesir

Piramida di Mesir tidak hanya satu, tapi bisa ratusan jumlahnya. Di antara semua piramida tersisa di sana berbeda-beda usianya. Namun, tahukah Anda piramida mana yang paling tua?

Ketika Anda berkesempatan datang ke Mesir, Anda harus tahu daftar lima piramida tertua di Mesir untuk Anda dokumentasikan. Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Travelerstoday, Jumat (25/11/2016).

1. Piramida Besar Giza (didirikan 2560 SM)
Juga disebut Piramida Khufu atau Piramida Cheops, ini adalah makam yang dibangun untuk Khufu, dinasti keempat firaun Mesir. Selama lebih dari 38 abad, piramida itu menjadi bangunan tertinggi di dunia dan salah satu dari tujuh keajaiban asli di dunia yang masih bisa dilihat.

2. Piramida Merah (dibangun 2580 SM)
Juga disebut Piramida Utara, ini adalah salah satu piramida yang dibangun oleh Sneferu, pendiri dinasti keempat di Kerajaan Lama. Batu kapur yang digunakan untuk membangun memberikan hasil merah berkarat sehingga disebut Piramida Merah. Ini adalah piramida Mesir terbesar ketiga.

3. Piramida Bent (dibangun 2580 SM)
Masih dari zaman Sneferu, Piramida Bent didirikan sebelum Piramida Merah. Yang unik dari piramida ini, setengah bagian bawah dibangun pada kemiringan 54 derajat, sementara bagian atas miring 43 derajat.

4. Piramida Meidum (dibangun 2580 SM)
Meidum atau Maidum, ini adalah piramida pertama yang dibangun oleh Sneferu. Bangunan piramida ini banyak disusun oleh mastaba bata lumpur atau struktur persegi panjang beratap datar di sekitarnya. Arsitek dari piramida ini adalah penerus Imhotep.

5. Piramida Djoser (dibangun 2667-2648 SM)
Piramida tertua jatuh pada bangunan batu skala besar ini. Piramida ini berfungsi sebagai kuil pemakaman Firaun Djoser. Imhotep adalah orang yang menugaskan pendirian piramida ini.

LEAVE A REPLY