Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan terutama bagi mereka yang baru pertama kali mendaki.

Mendaki gunung tidaklah semudah berlibur di pantai ataupun tempat-tempat sejenisnya. Kegiatan ini membutuhkan persiapan yang matang, karena akan melewati berbagai medan yang jarang Anda jumpai pada rutinitas sehari-hari. Kesalahan sekecil apapun dapat menyebabkan petaka dan berujung kematian.

Oleh karena itu, bagi pertama kali melakukan pendakian gunung sebaiknya perhatikan 3 hal penting ini.

Manfaatkanlah sinar matahari sebaik mungkin

Saat melakukan pendakian suplai cahaya sangat lah penting. Dengan bantuan sinar matahari Anda dapat menemukan lokasi perkemahan yang ideal dan juga mempersiapkan kegiatan memasak untuk stok makanan selama mendaki.

Jangan lupa membawa persediaan baterai, senter dan lampu tenda yang cukup, untuk membantu penerangan pada malam hari.

Selalu perhatikan keselamatan

Bawalah charger telepon protable atau yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan powerbank. Hal ini sangat penting jika sewaktu-waktu hendak membuat panggilan saat berada dalam keadaan darurat.

Barang lain yang harus dibawa tabir surya, spray anti serangga, kotak P3K ukuran kecil. Kalau ada budget lebih, belilah pistol suar yang sangat berguna ketika tersesat di suatu tempat.

Melapor pada pos pendakian

Sebelum melakukan pendakian, hal terpenting yang harus dilakukan adalah melapor di setiap pos pendakian.

Isilah buku tamu yang telah disediakan dengan keterangan yang lengkap, seperti lama pendakian, alamat rumah, nomor telepon keluarga atau teman yang dapat dihibungi.

Hal ini mempermudah tim evakuasi mencari lokasi, ketika terjadi musibah. Jangan lupa melapor lagi, ketika selesai melakukan pendakian.

LEAVE A REPLY