Mengerti berbagai macam bahasa punya banyak manfaat. Di antaranya adalah mempermudah dalam pencarian kerja, serta menjadikanmu traveler yang lebih menarik. Belum lagi jika kamu menguasai banyak bahasa, tentu banyak kreativitas dan perspektif baru yang bisa dipelajari.

Hal ini tak bisa didapat semudah menonton tayangan ‘reality show’ a la Korea Selatan dan kamu tiba-tiba bisa menirunya. Hal ini biasa dilakukan dengan mengikuti kursus, atau kamu memang benar-benar mempelajari ini di bangku kuliah.

Namun beberapa hal bisa dilakukan tanpa harus memakan bangku kuliah. Dengan sedikit upaya, kamu bisa sedikit-sedikit mengerti bahasa asing, bahkan bisa mempelajari hal baru tiap harinya.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Gunakan aplikasi

Meski tak akan seadiktif aplikasi game, namun aplikasi untuk mempelajari bahasa di smartphone kita adalah cara yang produktif untuk membunuh waktu.

Jika kamu tak mengerti memulainya dari mana, coba dengan mengunduh yang punya rating paling atas, yakni Memrise, di Play Store. Memrise dikembangkan oleh seorang ahli di bidang teknik membantu ingatan, yang didesain tak hanya mengajarkan bahasa, namun memperkuatnya di memori otak kamu. Aplikasi ini adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin mengembangkan kosa kata bahasa asingmu.

Selain itu, bisa dicoba Duolingo, yang tak hanya dikemas dengan cara menarik untuk belajar bahasa asing, namun aplikasi ini mengajarkan untuk ‘listening’ dan speaking dalam bahasa asing. Sangat cocok untuk kamu yang ingin traveling ke luar negeri.

2. Temukan partner untuk bercakap dalam bahasa asing

Jika ada komunitas semacam ini di kota tempat kamu tinggal, jangan lewatkan kesempatan emas ini. Untuk berkumpul bersama orang-orang yang juga punya keinginan besar dalam mempelajari bahasa, tentu dapat membantu dalam hal ‘conversation’ atau bercakap-cakap menggunakan bahasa asing.

Kini pun sudah banyak berkembang kelas khusus yang diadakan oleh komunitas. Bahkan tak cuma bahasa Inggris biasa, materi yang disampaikan jauh lebih fleksibel dengan menggunakan berbagai media seperti film, puisi atau bahkan makanan.

3. Baca, tonton, dengarkan

Teknik ini terbukti adalah metode sangat mudah untuk belajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Jika kamu sudah merasa ‘lumayan’ dalam segi kemampuan berbahasa, kamu sudah harus mengonsumsi budaya pop yang mereka hasilkan.

Coba mulai dengan baca berbagai buku dongeng untuk anak, karena di dunia barat, biasanya seseorang beberapa buku adalah buku wajib baca.’ Buku populer yang tentu kamu sudah paham ceritanya juga bisa jadi pilihan. Coba untuk membeli “Harry Potter” dalam bahasa pilihanmu. Membeli sebuah audiobook pun bisa jadi pilihan.

Atau coba tonton sebuah film bahasa Inggris tanpa menggunakan terjemahan, dan kemampuan bahasamu secara sederhana akan meningkat jika kamu mengerti plot dari film tersebut.

LEAVE A REPLY