Tips Merawat Kesehatan Kuku

Kuku berfungsi sebagai pelindung ujung jari lembut yang memenuhi urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh, secara ilmiah, kuku mempunyai kesamaan dengan rambut yang mana sama – sama terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur.

Membahas tentang kuku sudah pasti identik dengan wanita, hal tersebut sudah tidak dapat dipungkiri lagi Karena wanitalah yang paling gemar menghiasi kuku mereka dengan beragam hiasan dan pernak-pernik.
Penting bagi wanita dan pria untuk selalu menjaga kesehatan kuku, oleh karena itu kesehatan kuku tidak boleh disepelekan

Bagi anda para wanita berikut ini beberapa tips merawat kesehatan kuku agar sehat dan indah.

  • Merawat kutikula

Kutikula merupakan lapisan bukan sel yang berada di atas lapisan epidermis, dapat berupa permukaan yang halus, kasar, bergelombang, atau beralur. Kutikula merupakan pelindung kuku dari bakteri dan infeksi, gunakan krim pelembut atau minyak Zaitun untuk menjaganya tetap lembut.

  • Melapisi Kuku

Kuku panjang identik dengan cat kuku, pelapis kuku yang baik biasanya memiliki warna yang bening agar dapat membantu melindungi kuku Anda. Tapi berhati-hati jika suka gonta-ganti warna. Jangan gunakan cairan penghapus kuku lebih dari dua kali dalam sebulan karena bisa membuat kuku rapuh. Usahakan hindari cairan yang mengandung aseton yang bisa membuat kuku kering. Lebih baik pilih penghapus warna kuku yang menggunakan asetat.

  • Menjaga Kuku Agar Selalu Lembab

Kelembapan kuku sangat penting untuk dijaga agar kuku terhindari dari kerapuhan, anda bisa menggunakan pelembap tangan, minyak zaitun, atau petroleum jelly untuk melembapkan kulit. Gunakan pelembab sesaat sebelum tidur.

  • Melindungi kuku

Menurut hasil penelitian, ternyata bahan kimia seperti sabun cuci piring, detergen, dan lainnya ternyata dapat merusak dan menyebabkan kuku rapuh, maka dari itu gunakanlah sarung tangan jika ingin memegan langsung bahan kimia tersebut.

  • Jangan Membebani Kuku

saat anda memiliki kuku yang panjang, usahakan untuk memproteksinya semaksimal mungkin, jangan sekali-kali menggunakan kuku untuk kegiatan seperti, membuka kaleng minuman, atau membuatnya melakukan pekerjaan berat. Gunakan ujung jari atau bagian yang lain jika memungkinkan untuk melindungi kuku dari goresan atau risiko patah.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan kuku. Shared jika bermanfaat, terima kasih.

LEAVE A REPLY