Tips Mengurangi Konsumsi Gula Berlebih

Sulit menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis. Konsumsi gula dapat merangsang pelepasan dopamin di otak dan menimbulkan efek senang pada Anda. Meski demikian, konsumsi gula berlebih atau kecanduan gula dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal, penyakit jantung, bahkan kanker. Ingin menghentikan kebiasaan ini? Simak tips mengurangi konsumsi gula berikut ini dikutip dari laman Doctoroz, Kamis (13/10/2016).

1. Menambahkan buah
Konsumsi buah-buahan atau buah kering mampu mengalihkan Anda dari konsumsi makanan yang manis. Tak hanya itu, konsumsi buah-buahan dapat mendatangkan manfaat yang baik bagi tubuh. Anda bisa menyertakan kismis pada nasi atau irisan mangga pada makan siang Anda.

2. Selai kacang dan cokelat kombo
Tak ada salahnya untuk melelehkan dark cokelat dan mencapurkannya pada stoples selai kacang organik. Simpanlah di dalam kulkas. Jika Anda benar-benar ngidam makanan manis, cukup konsumsi satu sendok makan selai kacang-cokelat itu. Satu sendok selai kacang-cokelat itu mengandung 4,5 gram gula. Cara ini lebih baik ketimbang mengonsumsi bronis dengan kadar 30 gram gula di dalamnya.

3. Aturan 50:50
Jus dan soda mengandung kadar gula yang cukup banyak. Jika ingin mengurangi asupan gula, cobalah trik 50:50. Anda bisa menuangkan setengah cangkir soda manis atau jus. Sementara itu, tambahkan soda tanpa gula ke dalam cangkir itu. Minumlah saat Anda benar-benar ingin minum minuman manis. Metode ini mampu meredakan keinginan secara perlahan.

LEAVE A REPLY