Ladies, tahu nggak kalau ternyata salah satu kunci mendapatkan tubuh langsing adalah dengan memiliki kebiasaan tidur yang baik? Jadi bisa dengan tidur nyenyak, berat badan bisa tetap terjaga dan bahkan bisa turun. Menarik sekali kan?

Jadi begini, dilansir dari prevention.com, sebuah penelitian menarik dari Annals of Internal Medicine menyebutkan bahwa orang yang tidur 8,5 jam per malam bisa membakar lemak tubuh dua kali lebih besar dibandingkan orang yang tidur cuma 5,5 jam per malam, sekalipun asupan kalori mereka sama. Tidur yang cukup memang salah satu kunci untuk bisa menurunkan berat badan.

Berikut ini sejumlah tips yang bisa dicoba untuk mendapatkan tidur nyenyak yang bisa membantu proses penurunan berat badan. Let’s check this out!

  • Atur Suhu Kamar Jadi 19 Derajat Celcius

    “Kita perlu membuat suhu tubuh turun agar bisa tidur nyenyak sepanjang malam,” papar Rebecca Scott PhD, asisten profesor penelitian neurologi di NYU Langone Comprehensive Epilepsy Center—Sleep Center. Selain itu, ada penelitian yang menyebutkan kalau kita tidur di ruangan dengan suhu 19 derajat celcius, maka lemak putih penyimpan lemak akan diubah jadi lemak coklat pembakar lemak. Hal ini dikarenakan fungsi lemak coklat dalam menjaga suhu tubuh.

  • Rilekskan Tubuh 30 Menit Sebelum Tidur

    Lakukan kegiatan atau aktivitas yang bisa merilekskan tubuh 30 menit sebelum tidur. Misalnya membaca atau meditasi sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas tidur dan energi tubuh. Agar saat bangun keesokan harinya, tubuh bisa memiliki cukup energi untuk olahraga atau melanjutkan program dietmu.

  • Tidur di Kamar Gelap

    Dalam sebuah penelitian dari University of Oxford tahun 2014 disebutkan bahwa wanita yang tidur di ruangan gelap risiko terkena obesitasnya 21 persen lebih sedikit dibandingkan wanita yang tidur di ruangan terang. Selain itu, tidur di ruangan gelap bisa menjaga produksi melatonin dalam tubuh.

  • Lakukan Yoga Ringan Sebelum Tidur

    Melakukan yoga ringan sebelum tidur bisa memberi kualitas tidur yang baik. Gerakan yoga ringan bisa merilekskan otot-otot tubuh dan membuat tidurmu lebih lelap. Imbangi juga dengan melakukan teknik pernapasan. Caranya tarik napas melalui hidung, lalu keluarkan lewat mulut secara perlahan. Saat menarik dan menghembuskan napas, lakukan dengan menaik turunkan perutmu bukan dadamu.

Mendapatkan tidur nyenyak dan cukup hanyalah satu langkah awal untuk bisa membantu usahamu menurunkan berat badan jadi lebih cepat dan efektif. Imbangi juga dengan mengatur pola makan dan olahraga yang teratur juga, ya Ladies.

LEAVE A REPLY