INFERTILITAS merupakan momok yang ditakuti oleh kaum pria. Terlebih ditemukannya kelainan buah zakar pada penis pria.

Saat ini ada operasi canggih berbasis mikro, guna membedah kasus varikokel dengan efek samping yang minimal. Namun ada beberapa pasien yang harus terlebih dahulu di melakukan pemeriksaan ke seluruh tubuh, sebelum melakukan operasi singkat ini. Salah satunya pasien penderita jantung dan diabetes.

“Pasien yang kena diabetes harus check up sebelum dibius. Tapi biasanya, resiko pasien diabetes sangat tinggi, apalagi dia harus dibius lokal, maka harus bisa diajak kerjasama. Karena bedah tersebut, sangat kecil, jika si pasien bergerak maka kami pun seperti gempa dampaknya,” beber dr Ponco Birowo PhD SpU di RSU Bunda Jakarta Menteng.

Kasus infertilitas yang semakin meningkat, membuat beberapa pria waspada. Kasus pelebaran pembuluhan darah balik di daerah kantung buah zakar, miliki ciri-ciri yang wajib pria tahu. Seperti nyeri pada buah zakar, dimana katup tidak berfungsi dengan baik.

“Nyeri yang dialami karena didalam saluran buah zakar kekurangan oksigen. Kedua, cirinya kalau dalam satu tahun tidak punya anak wajib diperiksa,” bebernya.

Ditambahkan oleh dr Ponco, jika olahraga sebaiknya diberhentikan dulu selama dua minggu setelah operasi, agar sayatan bekas operasi cepat kering, dan meminimalisir rasa nyeri pada buah zakar.

LEAVE A REPLY