penyebab-sinusitis

Sinusitis merupakan penyakit radang yang terjadi pada rongga sinus mengakibatkan reaksi hidung tersumbat, sakit kepala dan keluhan lainnya.

Aneka penyebab sinusitis adalah sebagai berikut:

1. Adanya infeksi
Infeksi dapat ditimbulkan oleh virus atau bakteri. Infeksi ini akan memicu terjadinya radang. Peradangan yang timbul dapat di seputar rongga hidung maupun tenggorok. Peradangan juga dapat terjadi pada organ-organ di daerah sekitar rongga hidung dan tenggorok seperti amandel atau tonsil dan kelenjar adenoid. Peradangan tersebut menimbulkan sakit dan nyeri khas di area antara rongga hidung dan tenggorok.

2. Rongga hidung mengalami sumbatan
Sumbatan yang terjadi pada rongga hidung dapat disebabkan oleh penyakit maupun kelainan struktur anatomis hidung. Penyakit yang dapat menimbulkan terjadinya sinusitis antara lain adalah tumor, polip. Tumor dan polip di rongga hidung mampu menimbukan sumbatan yang selanjutnya menjadi sinusitis. Bentuk anatomis tulang hidung yang bengkok juga dapat menyumbat aliran udara maupun mukus sehingga memicu terjadinya sinusitis.

3. Alergi
Alergi dapat berupa senyawa alergen seperti makanan, zat kimia maupun udara ekstrim, baik dingin maupun panas. Pada kondisi terkena alergi, respon tubuh adalah mengalami radang dan pembengkakan. Jika pembengkakan terjadi di wilayah sinus, maka terjadilah sumbatan rongga sinus menimbulkan sinusitis.

4. Infeksi berat pada gigi
Infeksi yang timbul pada gigi geraham atas kanan maupun kiri, terutama geraham 1, 2 dan 3 dapat menjalar sampai ke dalam rongga sinus maksilaris dan mengakibatkan sinusitis.

Aneka penyebab sinusitis akut terutama adalah infeksi virus dan bakteri. Infeksi virus antara lain adalah virus influenza dan virus ISPA lainnya. Adapun bakteri yang memicu sinusitis akut adalah haemophilus influenzae dan streptococcus pneumoniae. Jamur aspergillus juga dikenal menjadi penyebab sinusitis akut.

Demikian aneka penyebab sinusitis, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY