Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Aman

Sakit gigi pada ibu hamil memang sangat mengganggu, sakit gigi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain kerusakan gigi, gigi sensitif, gingivitis, karang gigi dll. Berbagai macam obat bebas tersedia untuk penyakit gigi ini. Akan tetapi khusus untuk ibu hamil tidak boleh sembarang mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dari dokter apalagi obat-obatan warung, itu sangat tidak dianjurkan bagi ibu yang hamil. Penggunaan obat-obatan bebas selama kehamilan akan berdampak pada janin.

Selain obat-obatan medis, obat sakit gigi untuk ibu hamil juga ada yang terbuat dari bahan-bahan tradisional dan alami. Biasanya tenaga medis akan lebih menganjurkan untuk menggunakan obat-obatan yang tradisional karena penggunaan obat-obatan tradisional lebih aman dan tidak berdampak buruk untuk janin yang dikandungnya.

Pengobatan sakit gigi pada ibu hamil dapat anda lakukan dengan cara mengompres dengan air hangat, rajin sikat gigi minimal 2 kali sehari sehabis makan dan sebelum tidur, jangan mencabut gigi dan konsultasi ke dokter. Selain itu juga ada obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil yakni:

1. Bawang putih
Ambil 1 siung barang putih, kupas kulit nya kemudian taburi dengan sedikit garam lalu kunyah pada bagian gigi yang sakit.

2. Air garam
Gunakan air garam hangat untuk berkumur-kumur.

3. Daun sirih
Cuci daun sirih secukupnya, kemudian kunyah pada bagian gigi yang sakit setelah itu berkumurlah menggunakan air hangat.

4. Jeruk nipis
Sediakan 1 jeruk nipis kemudian peras dan ambil airnya, campurkan dengan air secukupnya dan gunakanlah untuk berkumur.

5. Minyak cengkeh
Ambil kapas kemudian berikan minyak cengkeh 2-3 tetes lalu oleskan pada gigi yang sakit.

6. Minyak angin/balsem
Ambil kapas kemudian beri minyak angin atau balsem dan gigit pada gigi yang sakit, apabila keluar air liur maka buanglah karena obat ini tidak untuk ditelan.

Sekian artikel tentang Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Aman. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

LEAVE A REPLY