manfaat-dari-kol

Biasanya kita mengonsumsi kol sebagai lalapan lezat, tetapi tidak mengetahui manfaatnya untuk kesehatan. Sayuran ini memang menyimpan segudang manfaat kesehatan yang belum diketahui banyak orang.

Kol memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat banyak untuk kesehatan. Dari sekian banyak manfaat kol, di antaranya seperti berikut ini:

1. Membantu mengobati nyeri
Glutamin yang terkandung dalam kol adalah anti-inflamasi yang kuat. Glutamin akan membantu melindungi tubuh terhadap iritasi, nyeri sendi, dan gangguan kulit tertentu.

2. Membantu menjaga fungsi mental
Kol mengandung vitamin K dan antosianin yang bertanggungjawab menjaga fungsi mental dan konsentrasi. Senyawa ini juga melindungi sistem saraf dari kerusakan dan pembusukan.

3. Membantu melindungi mata
Beta karoten ditemukan dalam kol berperan melindungi mata terhadap berbagai penyakit. Salah satunya adalah menunda pembentukan katarak.

4. Kaya vitamin
Kol mengandung mineral seperti kalsium, kalium, magnesium dan nutrisi lain, seperti yodium, vitamin E dan C. Cara terbaik untuk mengonsumsi kol adalah dalam bentuk mentah sebagai salad.

5. Menjaga fungsi otak
Kol juga merupakan sumber yodium yang membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Selain itu, kandungan yodium juga membantu dalam berfungsinya kelenjar endokrin.

LEAVE A REPLY