Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang mungkin cukup sering diperhatikan, terutama pada para wanita, dimana ketika yang bersih dan juga sehat merupakan salah satu daya tarik tersendiri. Ketiak merupakan bagian lipatan yang berada antara lengan dan juga bagian rongga dada.

Ketiak membutuhkan perawatan yang khusus, karena bagian lipatan ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap atau adanya benjolan apabila tidak diperhatikan dengan baik. Sebuah benjolan di ketiak dapat menyebabkan kekhawatiran apakah itu sebuah penyakit atau tidak.

Kelenjar getah bening menjadi peran penting dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Ketika kelenjar itu membengkak sedikit, cenderung melihat benjolan di ketiak Anda.

Kelenjar getah bening cenderung membengkak ketika mengalami infeksi virus, bakteri atau jamur. Mereka membengkak di daerah leher, daerah pangkal paha, ketiak, dan lain-lain. Ini terjadi dalam beberapa hari.

Tak hanya kelenjar getah bening saja yang menjadi penyebab adanya benjolan di ketiak. Ada beberapa penyebab lainnya, yaitu:

1. Rambut yang Tumbuh ke dalam

Terkadang, rambut tumbuh ke dalam dapat menjadi alasan di balik benjolan di ketiak pria. Rambut tumbuh ke dalam terjadi karena di cukur. Ketika rambut tumbuh ke dalam terinfeksi karena bakteri, dapat menyebabkan pembengkakan di Ketiak.

2. Hormon

Beberapa orang, bahkan kelebihan produksi hormon tiroid juga dapat menyebabkan pembengkakan di ketiak. Bahkan, stres bisa beberapa kali menyebabkan benjolan di ketiak.

3. Terjadinya Infeksi

Dalam sebagian besar remaja, infeksi bakteri tertentu sering terlihat. Kelenjar keringat yang hiperaktif pada usia itu, bisa menjadi salah satu alasannya. Dokter biasanya menyarankan diobati dengan antibiotik oral.

LEAVE A REPLY