Bau kaki tak sedap mungkin sering dikeluhkan para ibu hamil. Bahkan beberapa bumil mungkin tidak pernah mengalami ini sebelumnya. Meski ini bukan sebuah kepastian, apa saja pemicunya?

Hormon dan pembengkakan kaki pada ibu hamil bisa menjadi alasannya. Selama kehamilan, peningkatan retensi cairan dapat menyebabkan sepatu Anda lebih sempit daripada biasanya.

Ketika sepatu yang dipakai terlalu sempit, kaki tidak bisa bernapas, sementara kaki harus bisa bernapas. Bakteri alami pada kaki biasanya tidak berbau ketika kaki kering. Namun, jika kaki lembab untuk waktu yang lama, bau kaki bisa muncul dan menjadi masalah.

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Babymed:

Ganti sepatu

Alih-alih tetap menggunakan sepatu yang biasa Anda pakai sebelum kehamilan, sebaiknya Anda membeli sepatu baru yang pas untuk ukuran kaki Anda sekarang. Mengenakan kaus kaki juga dapat mencegah akumulasi kelembaban yang dapat menyebabkan bau kaki.

Gunakan bedak bayi

Bedak bayi juga dapat membantu menyerap keringat ekstra di sekitar kaki. Taburkan bedak pada kaki Anda sebelum memakai sepatu. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan bedak dari sepatu, seperti dengan vacuum cleaner.

Atau cairan antiseptik

Penyemprotan sepatu dengan semprotan cairan antiseptik juga dapat membantu mencegah bau menempel di sepatu.

LEAVE A REPLY