Sangat mudah untuk meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Menurut survei, 26 persen dari orang mengaku sulit mengidentifikasi makanan yang mengandung zat besi.

Dari survei tersebut, 26 persen mengakui hanya tahu sumber zat besi diperoleh dari hati, sedangkan 40 persen mengetahui zat besi terdapat pada sayuran hijau. Selain itu, 17 persen dari mereka memperolehsat besi dari konsumsi sereal.

Sebenarnya, zat besi dapat diambil dari mana saja? Anda bisa memperoleh zat besi dari ikan sarden dan makarel, juga makanan laut seperti kerang dan tiram. Kacan-kacangan, aprikot, serta buah0buahan kering juga mengandung zat besi yang baik untuk tubuh.

Ada baiknya zat besi selalu dikonsumsi dalam menu makanan Anda. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi tercatat kekurangan gizi nomor satu di dunia yang dialami banyak orang.

Mungkin agak sulit bagi para vegetarian untuk mendapatkan zat besi dari makanan yang mereka konsumsi. Karena tubuh tak mudah menyerap zat besi yang terdapat dalam sayuran, dibandingkan zat besi dari daging hewan.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga berpengaruh terhadap penyerapan zat besi, seperti sayuran dan buah-buahan. Dengan demikian mengoptimalkan absorbsi zat besi.

LEAVE A REPLY