Gunakan Pembalut untuk Menutup Luka
Injury man in doctor

Luka akibat kecelakaan yang besar dan parah biasanya perlu cepat ditangani. Jika memang perlengkapan P3K untuk menutup luka tidak tersedia atau sulit dijangkau, pembalut pun dapat dimanfaatkan.

“Pembalut steril bisa dijadikan pengganti kain kassa untuk menutup luka besar. Kalau kain kassa hanya bisa dibeli di apotek, pembalut bisa dibeli di mana saja dan setiap perempuan pasti menyimpannya di rumah,” kata dr Lelitasari, praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life, dalam seminar media dalam rangka Hari P3K Sedunia, di Jakarta.

Menggunakan pembalut jenis apapun menurutnya lebih baik daripada menggunakan kapas yang salah digunakan. Kapas untuk menutup luka justru dapat menempel pada luka yang basah dan dapat memicu infeksi.

Selain karena mudah didapat dan dapat menjadi pertolongan pertama pada luka yang lebih baik dari kapas, dr Wishnu Pramudito dari Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia mengatakan pembalut juga baik untuk menutup luka kronis seperti yang bisa dimiliki penderita diabetes.

“Saya suka mengajarkan penggunaan pembalut pada keluarga pasien diabetes yang mengalami luka kronis. Ini supaya pasien berani dan tidak harus bolak balik ke dokter sehingga proses perawatan luka lancar. Pembalut dipasang dengan diplester lalu dikencangkan supaya aliran darah di derah luka berkurang dan mudah membeku,” terangnya.

LEAVE A REPLY