bab-sambil-main-hp-sebabkan-ambeien

Menunggu selesai buang air besar, enaknya sambil main ponsel. Ini merupakan kebiasaan Anda? Awas, ambeien! Berikut ini penjelasan dari dr. Anita Amalia Sari.

Anda suka berlama-lama buang air besar sambil bermain dengan ponsel? Jika ya, waspadalah. Kebiasaan ini bisa menjadi awal, atau malah memperberat, penyakit ambeien yang Anda derita.

Ambeien adalah suatu penyakit tersembunyi yang bisa menimbulkan rasa nyeri berat pada penderitanya. Penyakit ini timbul akibat dari terjadinya pelebaran pembuluh darah di sekitar anus.

Ambeien dapat terlihat menonjol keluar dari anus secara terus-menerus, maupun masuk sendiri atau tidak menonjol sama sekali. Gejalanya dapat berupa:

  • Buang air besar berdarah
  • Gatal pada anus
  • Muncul benjolan saat buang air besar
  • Kadang keluar sedikit tinja tanpa disadari
  • Buang air besar terasa tidak tuntas

Selain dari gejala di atas, pada beberapa kasus penyakit ini juga bisa disertai rasa nyeri hingga menyebabkan ketidaknyamanan. Namun ambeien juga bisa saja terjadi tanpa disertai gejala apa pun. Hal ini terjadi akibat iritasi dari pembuluh darah yang melebar, serta adanya pembekuan darah pada ambeien.

Penyebab terjadinya ambeien diyakini merupakan kombinasi antara faktor keturunan dan beberapa faktor risiko yang dimiliki penderita. Misalnya: buang air besar keras (sembelit), kurang makanan berserat dan cairan, sering mengejan saat buang air besar, obesitas, dan lain-lain.

Tak hanya itu, duduk terlalu lama di toilet saat buang air besar juga bisa meningkatkan risiko terjadinya ambeien pada diri Anda. Mengejutkan, bukan?

Duduk terlalu lama di toilet saat buang air besar dapat menyebabkan peningkatan tekanan dalam perut. Kejadian ini memiliki pengaruh terhadap aliran balik darah, yang pada akhirnya menyebabkan pembuluh darah melebar hingga terjadilah ambeien.

Risiko ambeien akibat duduk terlalu lama, khususnya saat sedang di toilet, juga berlaku bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok ataupun membaca di toilet. Intinya, kebiasaan duduk dalam waktu lama membuat Anda berisiko meningkatkan tekanan dalam perut.

Menariknya, faktor risiko ini khusus dikaitkan dengan toilet duduk. Sebaliknya, belum ada penelitian yang menunjukkan perbedaan kondisi tersebut bila diterapkan pada toilet jongkok.

Mulai sekarang, sebaiknya Anda meninggalkan kebiasaan berlama-lama duduk di toilet saat buang air besar. Apalagi jika telah menderita ambeien sebelumnya.

Meskipun bukan satu-satunya faktor risiko ambeien, namun setidaknya Anda sudah mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit ini. Jadi, masih mau terlalu lama ponsel saat buang air besar?

LEAVE A REPLY