Manfaat Air Tajin Beras Merah

Saat ini tak sedikit orang yang menggunakan beras merah sebagai salah satu bahan makanan pokok. Beras merah dipandang sebagai bahan makanan pengganti nasi yang sangat efektif dalam mengurangi kalori sehingga cocok untuk makanan pendamping diet. Bahkan, beras merah sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes.

Siapa sangka, ternyata bukan hanya bagian berasnya saja yang dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan. Air tajinnya pun memiliki banyak manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Oleh karenanya, jangan terburu-buru membuang air tajin beras merah sebelum menyimak beberapa manfaatnya untuk kesehatan berikut ini:

1. Masker Wajah
Tak banyak yang tahu bahwa air tajin beras merah mampu menjadi masker wajah yang berfungsi untuk menghaluskan dan membersihkan kulit wajah. Hebatnya, penggunaan masker air tajin ini dapat membuat wajah semakin bersinar. Hal ini dikarenakan salah satu senyawa yang terdapat di dalam air tajin beras, yakni zat oryzanol, mampu membantu memperbaharui pigmen melamin dalam kulit dan mampu menangkal sinar ultraviolet.

2. Lulur Pembersih Badan
Tak jauh beda dengan manfaat air tajin beras merah sebagai masker wajah, cairan yang sering dibuang ketika memasak nasi ini ternyata juga dapat berfungsi sebagai lulur pembersih badan. Cukup campurkan air tajin dengan pasta almond, kemudian balurkan ke seluruh tubuh. Penggunaan lulur ini secara teratur akan membuat kulit Mam semakin halus dan kencang. Dukung manfaatnya dengan membalurkan pelembab yang juga terbuat dari air tajin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Mencerahkan Bibir
Kesal dengan bibir yang gelap? Mam juga dapat memanfaatkan air tajin beras merah untuk mengembalikan warna bibir. Cukup oleskan ke bibir Mam secara rutin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Semakin sering dilakukan, maka hasilnya akan semakin cepat Mam dapatkan.

4. Meredakan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari
Berjemur di bawah matahari terlalu lama atau ketika berenang di pantai tanpa menggunakan sunscreen membuat kulit jadi mudah terbakar. Rasa perih dan kulit yang memerah adalah gejala yang paling nyata terlihat ketika kulit terbakar sinar matahari. Air tajin ternyata mampu mengobatinya. Cukup oleskan ke bagian kulit yang memerah dan biarkan beberapa saat. Air tajin akan mendinginkan kulit serta membantu proses penyembuhannya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Jangan gengsi mengonsumsi air tajin! Meski dianggap sebagai ‘susu’-nya kaum tak berpunya, air tajin bagus untuk jantung. Ini karena kandungan vitamin E serta magnesium dalam air tajin beras merah mampu memenuhi kebutuhan nutrisi jantung. Bila Mam mengonsumsi air tajin setidaknya sekali dalam sehari, risiko stroke dan masalah jantung lainnya dapat dihindari dengan mudah.

7. Menjaga Keseimbangan Kolesterol
Air tajin memiliki nutrisi yang hampir sama dengan susu. Bedanya, dalam air tajin hampir tidak ada kandungan laktosa yang dimiliki jenis susu lain. Inilah kenapa air tajin sangat sempurna dikonsumsi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi.

8. Mengatur Berat Badan
Kalori pada air tajin tidak sebesar susu pada umumnya, meskipun nutrisi yang terkandung di dalamnya hampir sama. Selain itu, air tajin sama mengenyangkannya dengan susu dan kalorinya jauh lebih rendah. Inilah kenapa seseorang yang sedang menjalani proses diet dianjurkan untuk menggunakan air tajin beras merah sebagai susu diet untuk mendukung program tersebut.

Itulah beberapa manfaat penting mengenai air tajin beras merah yang selama ini dianggap sebagai suatu hal yang sepele. Jadi, masihkah Mam rela membuang air tajin beras merah yang penuh manfaat ini? Pikirkan kembali!

LEAVE A REPLY