6 Tanda Sistem Pencernaan Tidak Sehat

Masalah sistem pencernaan tentunya tidak boleh dianggap enteng, sebab apa yang dikonsumsi individu setiap hari akan mempengaruhi energi dan fungsi tubuh. Kesehatan sistem pencernaan memang bergantung pada diet individu sehari-hari. Meski sudah merasa menjalani diet yang sehat, sayangnya tak semua individu cepat tanggap atau sadar jika pencernaan mereka sedang bermasalah.

Seperti dikutip laman Boldsky, Kamis (13/10/2016) berikut ini adalah tanda-tanda yang dapat menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami masalah pencernaan.

1. Perut ‘begah’
Rasa begah, nyeri, atau bahkan seperti terbakar menjadi salah satu tanda pencernaan sedang bermasalah bahkan tidak sehat.

2. Ngidam
Ketika Anda mendadak mengidam jenis makanan tertentu, menjadi salah satu tanda adanya sistem pencernaan yang tidak baik. SepertiĀ infeksi ragi dalam usus.

3. Berat badan yang naik turun
Kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas atau bahkan mengalami kenaikan berat badan secara dadakan, menjadi tanda Anda mengalami gangguan pencernaan.

4. Depresi
Sebuah penelitian telah menghubungkan kaitan depresi dengan berbagai gangguan pencernaan. Penelitian menemukan bahwa depresi dapat menyebabkan masalah pencernaan dan sebaliknya.

5. Kulit Ruam
Kulit ruam atau mendadak alergi menjadi salah satu gejala dari kondisi usus yang tidak sehat. Pertumbuhan bakteri dalam usus juga memungkinkan perubahan pada kulit.

6. Irritable bowel syndrome (IBS)
Kondisi ini merupakan salah satu tanda pencernaan atau usus tidak sehat, di mana biasanya individu rentan mengalami diare dan kembung secara terus menerus.

LEAVE A REPLY