6-jenis-bau-keringat-cerminkan-kesehatan-tubuh

Manusia pasti pernah berkeringat dan keringat tersebut mengeluarkan aroma atau yang disebut dengan bau badan. Jika keringat yang keluar bercampur dengan bakteri, maka tentu saja bau badan yang keluar sangatlah tidak enak.

Keringat yang keluar dengan bau tertentu ternyata bisa menjadi indikator kesehatan lho. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.

1. Bau amis

Jika kamu merasa bahwa bau keringatmu amis seperti ikan, kemungkinan kamu menderita gangguan sistem metabolisme yang disebut dengan trimethylaminuria atau kondisi di mana tubuh tidak mampu mencerna makanan yang kaya protein. Sehingga tubuhmu akan kelebihan protein dan jadi berbau amis.

2. Bau seperti kotoran

Bau badanmu seperti bau kotoran? Ini berarti kamu memiliki masalah yang berkaitan dengan kesehatan pencernaan atau sembelit akut. Racun akan terakumulasi di tubuh dan disekresikan untuk keluar bersama dengan keringat yang kemudian menyebabkan bau yang tidak sedap.

3. Bau apek

Umumnya keringat akan membuat bau badan jadi apek. Dan ketika kamu mencium bau seperti ini terus-menerus maka kamu bisa jadi memiliki masalah yang disebut dengan hiperhidrosis atau suatu kondisi di mana seseorang berkeringat secara berlebihan.

4. Bau logam

Bau badanmu seperti logam yang karatan? Ini berarti kamu memiliki masalah yang berhubungan dengan kerusakan hati, gangguan pencernaan, atau gangguan metabolisme.

5. Bau yang tidak terlalu menyengat

Bau badan yang tidak terlalu menyengat atau ‘halus’ sering dimiliki oleh mereka yang menua sebagai tanda bahwa penuaan membuat kelenjar keringat menjadi lebih aktif.

6. Bau alkohol

Kamu merasa bahwa bau badanmu seperti alkohol padahal kamu tidak mengonsumsi alkohol? Well, bisa jadi bahwa ini adalah tanda dari alkohol yang sudah kamu minum sejak lama namun baru dicerna.

Jadi, seperti apakah bau badanmu?

LEAVE A REPLY