5 Manfaat Telur bagi Kesehatan

Telur adalah salah satu dari jenis makanan yang masuk sebagai makanan super. Telur sarat akan nutrisi, bahkan untuk yang diet.

Berikut ini beberapa manfaat telur bagi kesehatan yang telah dikonfirmasi dalam studi manusia, dilansir laman Authoritynutrition, Senin (10/10/2016).

1. Telur sangat bergizi
Telur adalah salah satu makanan yang paling bergizi di planet ini. Seluruh telur mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk mengubah sel. Sebuah telur rebus berisikan vitamin A, B5, B12, B2, folat, fosfor, dan selenium. Selain itu juga mengandung vitamin D, E, K, B6, kalsium, seng, protein, serta lemak sehat. Jika Anda mengonsumsi telur dengan omega 3 lebih baik lagi, karena selain mengandung omega 3 juga lebih tinggi vitamin A dan E nya.

2. Telur tinggi kolesterol
Benar, telur tinggi kolesterol. Bahkan satu telur mengandung 212 mg, yang merupakan setengah dari asupan harian yang direkomendasikan dari 300 mg. Namun perlu diingat, kolesterol dalam makanan tidak selalu meningkat dalam darah. 70 persen orang yang mengonsumsi telur tidak meningkatkan kolesterol. Hanya 30 persen telur meningkatkan kolesterol LDL secara total. Kecuali bagi orang dengan kelainan genetik seperti hiperkolesterolemia familial atau jenis gen yang disebut ApoE4 yang meminimalkan atau menghindari telur.

3. Telur naikan kolesterol HDL
HDL adalah singkatan dari High Density Lipoprotein, atau dikenal juga sebagai kolesterol baik. Orang yang memiliki HDL lebih tinggi biasanya berisiko lebih rendah dari penyakit jantung, stroke, dan berbagai masalah kesehatan.

Konsumsi telur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan HDL. Dalam satu studi, dua butir telur per hari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10 persen.

4. Telur mengandung kolin

Kolin merupakan nutrisi yang kebanyakan orang tidak tahu. Namun itu adalah zat yang sangat penting, dan sering dikelompokkan dengan vitamin B. Kolin digunakan untuk membangun membran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul sinyal di otak dan fungsi lainnya.

Survei diet menunjukkan bahwa sekitar 90 persen orang di Amerika Serikat semakin kurang jumlah kolin dari yang disarankan. Telur utuh merupakan sumber yang sangat baik dari kolin. Sebutir telur mengandung lebih dari 100 mg nutrisi yang sangat penting.

5.  Telur mengandung lutein dan zeaxanthin
Salah satu konsekuensi dari penuaan adalah penglihatan cenderung lebih buruk. Ada beberapa nutrisi yang membantu melawan beberapa proses degeneratif yang dapat memengaruhi mata. Dua dari itu adalah lutein dan zeaxanthin, antioksidan kuat yang cenderung membangun retina mata.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jumlah yang cukup nutrisi secara signifikan dapat mengurangi risiko katarak, dan gedenerasi makula, dua gangguan mata sangat umum.

LEAVE A REPLY