Tidak selalu dialami oleh orang dewasa, kini diabetes bisa menghampiri anak remaja. Tetapi, mengapa seorang anak remaja dapat terkena penyakit diabetes?

Mengetahui penyebab diabetes bisa menjadi langkah awal pencegahan. Berikut penyebab remaja terkena diabetes yang dilansir dari Momjunction.

Disfungsi pankreas

Pankreas dalam tubuh remaja mulai rusak dan tidak menghasilkan insulin yang diperlukan untuk memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi. Hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan diabetes.

Keturunan

Diabetes adalah penyakit turunan yang melewati generasi berikutnya dari keluarga. Remaja mungkin menderita diabetes jika saundara kandung atau orangtua mereka juga mengalaminya.

Faktor ras

Orang-orang yang memiliki ras tertentu, seperti Afrika, Amerika, Indian dan Asia-Amerika lebih rentan terhadap diabetes tipe 2.

Umur

Diabetes dapat mempengaruhi individu milik kelompok usia yang berbeda. Namun, dengan usia yang bertambah dan kurang beraktivitas fisik, maka itu dapat meningkatkan risiko diabetes.

Infeksi virus

Infeksi virus dapat menghancurkan atau merusak sel-sel dalam tubuh remaja. Hal ini juga dapat memicu respon autoimun yang buruk, mempengaruhi fungsi pankreas dan menyebabkan insulin. Beberapa infeksi virus yang dapat menyebabkan diabetes tipe 1 meliputi, coxsackievirus B, cytomegalovirus, adenovirus, rubella dan gondok.

Obesitas

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan remaja terkena diabetes, yaitu obesitas. Berat badan berlebih mencegah tubuh merespon insulin. Selain itu, kelebihan lemak di perut juga bukan hanya faktor utama terkena diabetes tipe 2, tetapi juga berbagai penyakit kardiovaskular.

Diet yang buruk

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi dan mineral yang berbeda dalam proporsi tepat. Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang, terutama selama masa pertumbuhan. Ingat, jika anak remaja suka mengonsumsi makanan manis dan berlemak atau diet kaya karbohidrat setiap hari, maka ia berisiko tinggi diabetes.

Rokok dan alkohol

Kecanduan alkohol dan kebiasaan merokok adalah faktor yang menyebabkan remaja berisiko tinggi menderita diabetes. Kebiasaan yang tidak sehat dapat mengganggu aktvitas metabolisme tubuh dan mempengaruhi produksi insulin.

Stres berlebihan

Stres merupakan faktor penting yang dapat memicu diabetes. Sayangnya, kini banyak remaja menderita stres karena meningkatkan beban akademis, tekanan teman sebaya dan masalah sosial. Sres berlebihan dapat mempengaruhi metabolisme tubuh mereka yang menyebabkan resistensi insulin dan diabetes.

Kurang aktivitas fisik

Sebagian besar remaja saat ini lebih banyak menghabiskan waktu bermain game di depan layar, bukan olahraga luar ruangan. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan perlambatan metabolisme dalam tubuh remaja, sehingga berisiko tinggi diabetes.

LEAVE A REPLY