Setiap wanita ingin memiliki tampilan mata yang cantik. Alhasil, mereka pun menggunakan berbagai riasan make-up mata, seperti eyeliner, maskara, dan eyeshadow.

Namun, tahukah Anda jika merias wajah, termasuk mata, tidak akan sama antara satu wanita dengan wanita yang lain? Ya, pasalnya, berbeda bentuk mata maka akan berbeda pula riasan mata yang diaplikasikan.

Nah, agar riasan mata tampak cantik dan sempurna, Anda harus mengetahui bentuk mata terlebih dulu. Wanita Indonesia sendiri memiliki empat bentuk mata yang berbeda, yakni monolid, hooded, round, dan downturned.

Berikut adalah ulasan merias mata sesuai dengan bentuk mata, seperti yang diungkapkan oleh make-up artist Adi Adrian, dalam acara L’Oreal Paris Superstar Mascara dan Eyeliner, Kamis, 18 Agustus 2016.

1. Bentuk mata monolid

Jenis mata monolid umumnya dimiliki oleh wanita asal Asia Timur, seperti China, Jepang, atau Korea, dengan bentuk mata yang cenderung kecil. Dalam pengaplikasian eyeliner, lakukan dengan membuat bingkai di atas bulu mata. Kemudian, baru isi bagian dalamnya menggunakan eyeliner dengan tebal.

Lalu, untuk penggunaan maskara fokus pada bagian tengah bulu mata. “Saat pakai maskara, jangan terlalu banyak di ujung-ujung bulu mata karena efeknya mata terlihat panjang dan kecil. Jadi, setelah diaplikasikan ke semua bagian bulu mata, aplikasikan ulang pada bagian tengahnya,” ujar Adi Adrian, di On Five, Hotel Grand Hyatt.

Sementara, untuk eyeshadow, Anda bisa menggunakan satu warna saja. Misalnya, warna cokelat atau warna gelap.

2. Bentuk mata hooded

Bentuk mata ini ditandai dengan tulang alis yang cenderung. Tak heran jika pemakaian eyeliner dan eyeshadow membuat hasil riasan mata menjadi kurang terlihat.

Perlu diketahui, jika pemilik mata hooded cenderung memiliki kulit yang berminyak lantaran lipatan mata yang terlalu dekat. Pastikan untuk menggunakan foundation dan loose powder terlebih dulu pada area kelopak mata.

Kemudian, gunakan eyeliner sedekat mungkin dengan bulu mata. Aplikasikan dengan bagian sudut dalam mata lebih tebal. Anda pun bisa membuat wing eyeliner dengan cara menggariskan eyeliner dari ujung mata luar.

Lalu, untuk maskara, gunakan pada seluruh bagian bulu mata. Namun, fokuskan pada bagian ujung mata agar dibuat lebih tebal.

“Pemakaian maskara jangan terlalu di pangkal mata, tetapi di ujung bulu mata. Karena secara tidak langsung bulu mata akan menempel di lipatan mata sehingga menyebabkan make-up mata menjadi smudge (berantakan),” terang pria yang kerap mendandani selebriti Indonesia, seperti Dian Sastrowardoyo dan Nagita Slavina itu.

Untuk eyeshadow, hindari memadumadankan warna. Sesuaikan eyeshadow dengan warna kelopak mata, seperti beige atau cokelat keunguan untuk menetralisir riasan mata menjadi lebih lembut.

3. Bentuk mata round (bulat)

Untuk membuat tampilan mata lebih tajam, gariskan eyeliner di atas bulu mata dari bagian tengah ke ujung luar mata untuk memberi tampilan yang natural. Sementara, aplikasikan maskara pada bagian luar ujung mata. Jangan terlalu tebal karena mata akan terlihat besar.

“Kalau eyeshadow pilihan warnanya mudah. Ingin terlihat natural pilih warna soft, bagian ujung kelopak dikasih warna cokelat gelap. Agar lebih bright, bagian bawah mata kasih warna emas atau silver,” papar Adi Adrian di On Five, Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

4. Bentuk mata downturned

Bentuk mata ini ditandai dengan bagian ujung mata yang cenderung turun. Dalam pengaplikasian eyeliner, cukup sampai sepertiga kelopak mata dan tidak perlu sampai ujung mata. Untuk bagian bawah, eyeliner bisa diaplikasikan pada bagian dalam mata menggunakan eyeliner putih.

LEAVE A REPLY