Seperti apa rupa seorang wanita, jika wajahnya ditumbuhi janggut yang lebat dan ikal? Hal ini dialami oleh Harnaam Kaur, model dan aktivis anti-imidasi. Wanita muda yang berusia 24 tahun ini berhasil membukukan namanya dalam Guiness World Record.

Wanita asal Inggris ini memiliki sindrom PCOS atau polycystic ovary syndrome yang menyebabkan kadar hormon laki-laki lebih besar, dibandingkan hormon wanita. Efek samping dari sindrom ini antara lain menstruasi yang tidak teratur, nyeri panggul, jerawat, dan pertumbuhan rambut pada tubuh.

Dalam kasus Kaur, memiliki pertumbuhan janggut 6 inci. Hal ini membuatnya tercatat sebagai wanita termuda yang memiliki janggut lebat. Bahkan, dirinya mengaku bangga 100 persen atas prestasi yang diraihnya.

Kaur berbicara terus terang mengenai pengalamannya di-bully saat masih anak-anak. Ia menjalani pemutihan, waxing yang menyakitkan, bahkan ia berusaha menutupi janggutnya saat berbicara di hadapan orang. Orang-orang pun sempat bertanya soal jenis kelaminnya.

Suatu saat, Kaur berbicara terus terang lewat unggahan di YouTube. Tuaian komentar negatif dan ancaman menghujaninya.

“Kita perlu menjaga tubuh kira secara utuh karena hal tersebut diberikan oleh Allah,” ujar Kaur, seperti dikutip dari laman Goodhousekeeping, Rabu (14/9/2016).

Kaur membeberkan bahwa dirinya merasa sedih hingga ingin bunuh diri karena sikap intimidasi banyak orang dan komentar yang menyerang dirinya.

Kecantikan yang diperlihatkan Kaur dengan cara yang berbeda melalui London Fashion Week. Ia berlaga di atas panggung catwalk mengenakan perhiasan Marianna Harutunian. Harnaam Kaur berhasil menunjukkan peran model melalui lika-liku kehidupan, hingga prestasi yang telah diraihnya.

LEAVE A REPLY