Sekitar 70% pria mengalami kebotakan dini yang dikenal sebagai androgenetic alopecia. Kehilangan rambut adalah suatu hal yang normal ketika mengalami proses penuaan, tapi jika Anda mengalami kebotakan di usia 20-an itu adalah hal yang perlu Anda khawatirkan.

Ada beberapa penyebab kebotakan dini pada pria. Antara lain seperti infeksi jamur, gangguan psikologis, kemoterapi, kekurangan gizi, atau ketidakseimbangan hormon. Apapun penyebabnya, masalah kerontokan rambut seringkali menyebabkan kebotakan.

Biaya perawatan ke salon mungkin akan terbilang mahal, maka dari itu Anda bisa membuat perawatan untuk mencegah kebotakan di rumah. Berikut ini adalah cara membuat ramuan alami untuk mencegah kebotakan dini.

Minyak mustard dan daun henna

minyakRebus 1 mangkuk minyak mustard dan 4 sendok makan daun henna. Dinginkan rebusan, lalu oles di kulit kepala Anda dan pijat selama 15-20 menit. Biarkan ramuan menyerap, lalu bilas dengan sampo dan air seperti biasa. Lakukan tips ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Adonan biji fenugreek

Biji fenugreek kaya akan kalium, vitamin C, dan zat besi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Untuk membuat adonan ini Anda membutuhkan setengah cangkir biji fenugreek dan secangkir minyak kelapa. Caranya, goreng biji fenugreek dengan minyak kelapa, kemudian giling sampai halus. Oleskan ke seluruh bagian kepala Anda, dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas rambut Anda menggunakan sampo dan air dingin.

Santan kelapa

Santan kelapa kaya akan nutrisi yang dapat memperkuat akar dan memelihara helai rambut. Campurkan 20 ml santan kelapa, 2 sendok teh minyak amla, dan 1 sendok teh air perasan jeruk lemon.  Oleskan ramuan tersebut ke kepala Anda menggunakan kapas. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Bawang Merah

Bawang merah dikenal sebagai rempah-rempah yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga meningkatkan produksi kolagen yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Parut 1 buah bawang merah kemudian oleskan di daerah kepala Anda yang botak.
Pijat beberapa saat sampai kulit kepala Anda kemerahan, lalu lanjut untuk mengoleskan 1 sendok teh madu untuk menenangkan kulit kepala Anda. Lakukan tips ini tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

LEAVE A REPLY