Memang tak sebanyak wanita, sepatu adalah part fashion terpenting bagi seorang pria. Selain berfungsi utama sebagai alas kaki, sepatu menjadi elemen fashion yang sering diperhatikan oleh lawan jenis.

Namun, banyak pria yang tak menyadari hal tersebut, banyak dari mereka yang menganggap sebelah mata. Padahal, dari sepatu bisa tecermin sejauh mana kepedulian Anda tentang kebersihan. Kualitas dari sepatu Anda kenakan pun dapat menjadi indikator seberapa besar rasa penghargaan terhadap diri sendiri.

Sepatu yang terawat dengan baik dan bersih, selain nyaman dikenakan Menambah daya tarik dari penampilan dan tentunya rasa percaya diri. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kebersihan sepatu.

1. Bersihkan sepatu dari kotoran sebelum disemir

Jangan pernah menyemir sepatu kulit sebelum benar-benar bersih dari kotoran. Kotoran tertinggal akan menyebarkan kotoran kembali ke seluruh permukaan.

Untuk hasil maksimal anda gunakan saddle soap. Sabun ini dirancang khusus untuk membersihkan kulit tanpa merusak permukaan yang sensitif kemudian bersihkan dengan sikat atau kain yang lembut.

2. Semir secara rutin

Setelah bersih, semir sepatu kulit dengan produk wax/cream polish yang ada. Tapi ingat, pastikan sepatu sudah kering sebelum Anda semir dan selalu sesuaikan warna wax/cream dengan sepatu.

Cara menggunakan wax pun ada caranya, tempelkan wax/cream terlebih dahulu ke sepatu. Baru kemudian sikat hingga seluruh permukaan sepatu. Diamkan selama beberapa menit. Lalu anda gosok dengan kain bersih hingga mengilap. Agar tampil maksimal sabaiknya semir sepatu secara rutin.

3. Segera keringkan jika terkena basah

Jika Anda kehujanan jangan biarkan sepatu terlalu lama terkena air. Segera keringkan dengan lap kering atau tissue. Untuk bagian dalam sepatu yang basah yang sulit, gunakan kertas koran.

Masukkan kertas koran ke dalam sepatu lalu posisikan sepatu berdiri agar cepat kering. Hindari pemanas buatan seperti hair dryer, dll karena dapat merusak kulit sepatu. Biarkan sepatu kulit kering secara natural.

4. Keringkan kaki

Kaki atau kaus kaki yang basah akan menyebabkan kondisi di dalam sepatu menjadi lembab. Bila hal terus dibiarkan terus-menerus hal ini akan memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang tentunya tidak baik baik bagi kesehatan kaki. Selain itu, sepatu juga akan berbau tak sedap.

5. Miliki beberapa pasang sepatu

Sebaiknya Anda memiliki beberapa pasang sepatu karena sepatu yang sama bila digunakan secara terus menerus akan menyebabkan sepatu menjadi cepat berkerut. Istirahatkan sepatu Anda dan gunakan sepatu lainnya, sehingga awet dan tetap dalam performa terbaiknya.

LEAVE A REPLY