Membersihkan wajah adalah tahapan paling penting dan langkah paling dasar dalam perawatan wajah. Baik itu untuk kesehatan ataupun kecantikan kulit wajah.

Dalam melakoni prosesnya, banyak diantara kita yang secara tidak sadar melakukan step dasar yang salah atau keliru. Apa sajakah kesalahan dasar yang biasa dilakukan saat membersihkan wajah? Yuk intip penjelasaannya di bawah ini..

Tidak mencuci tangan : Tidak mencuci tangan dengan bersih saat membersihkan wajah, setelah seharian beraktivitas di luar terkena bakteri dan debu adalah salah satu kesalahan yang kerap dilakukan saat hendak mencuci wajah. Selalu cuci tangan dengan bersih sebelum membersihkan wajah.

Tidak menghapus make-up : Tidak disangkal banyak juga orang yang kerap langsung mencuci wajah dengan keadaan make-up yang masih menempel. Biasakan untuk selalu menghapus make-up yang menempel di wajah dengan tisu basah atau cleanser.

Salah pilih pembersih wajah : Jangan mudah tergoda untuk mencoba berbagai produk, pilihlah sabun pembersih wajah dengan kandungan formula yang ringan dan cocok digunakan untuk semua jenis kulit wajah. Hindari memilih pembersih wajah dengan kandungan sulfates, karena bisa meningkatkan resiko iritasi kulit.

Air yang digunakan terlalu panas : Jika suhu air yang digunakan untuk mencuci wajah terlalu panas dan beruap, maka hal ini akan membuat area sensitif seperti pipi dan hidung akan menjadi kemerahan. Air yang terlalu panas untuk wajah akan mengganggu keseimbangan minyak alami wajah, membuat kulit kering, dan meningkatkan produksi sebum atau minyak wajah.

Menggosokkan wajah dengan handuk kering : Sehabis mencuci wajah kita kerap kali langsung menggosokkan handuk kering ke area wajah, hal ini bisa membuat kulit wajah menjadi iritasi, merah, dan meningkatkan resiko timbulnya garis-garis keriput. Ketika mengeringkan wajah, tepuk-tepuk lembut wajah dengan handuk bersih. Bukan menggosokkan keras wajah dengan handuk.

LEAVE A REPLY