Ngemil di malam hari memang sangat menyenangkan, maka tak heran jika sebagian orang menjadikannya sebagai kebiasaan. Studi menunjukkan, makan di malam hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan, karena tubuh Anda akan menyimpan lebih banyak kalori.

Tapi bagaimana jika Anda tidak bisa tidur di malam hari dan tidak bisa menahan diri untuk tidak memakan sesuatu? Tenang saja, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari ngemil di malam hari.

1. Perbanyak Mengonsumsi Protein
Anda tidak akan pernah merasa kenyang saat ngemil di malam hari. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi pada saat makan malam dapat membantu mengganjal perut Anda yang kosong saat larut malam. Coba tambahkan beberapa makanan protein seperti kacang garbanzo atau edamame.

2. Minum Teh Herbal
Jika Anda terbiasa ngemil setelah makan malam, ganti snack Anda dengan secangkir teh herbal. Minum secangkir teh herbal yang hangat adalah salah satu cara yang bagus untuk bersantai sebelum tidur dan menjaga pikiran Anda untuk tidak memikirkan makanan.

3. Berjalan
Ketika rasa lapar mulai terasa, pergilah keluar rumah dan berjalan-jalan selama beberapa menit. Udara segar dan olahraga ringan akan membantu pencernaan, dan membantu Anda untuk tidur lebih cepat.

4. Tidur yang Cukup
Saat waktu tidur Anda kurang, tubuh Anda mungkin menanggapinya dengan cara munculnya rasa lapar. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur akan lebih sering merasa lapar di malam hari dan itu akan membuat Anda semakin gemuk.

5. Ngemil Sehat
Jika Anda tidak bisa menahan rasa lapar dan harus memakan sesuatu, cobalah mengonsumsi sesuatu yang sehat. Butuh sesuatu yang asin? Cobalah makan popcorn. Butuh makanan yang manis? Silahkan mengonsumsi buah. Selama Anda mengonsumsi makanan yang sehat di malam hari, itu tidak akan berpengaruh buruk bagi tubuh Anda.

LEAVE A REPLY