Indonesia merupakan salah satu negara yang mana banyak sekali mencetak prestasi yang membanggakan di kancah internasional dari beberapa segi bidang. Oleh karena itu tak heran jika Indonesia juga dilirik oleh beberapa negara tetangga dan negara lainnya untuk bekerja sama dalam suatu hal baik itu bisnis ataupun yang lainnya. Hal tersebut juga sudah terbukti dan memang harus diakui jika Indonesia tidak kalah dengan negara lainnya dalam menciptakan suatu hal yang berguna dan juga bermanfaat untuk negara sendiri dan negara lain.

Sebagai bangsa Indonesia seharusnya kita bisa berbangga diri dengan semakin banyaknya produk kreatif anak bangsa yang mana dapat saling bersaing di pasar domestic maupun mancanegara. Beberapa suara miring yang mana sangat terkait dengan pertumbuhan dan juga perkembangan dari industry kreatif di tanah air sendiri seharusnya bisa dijadikan sebagai bahan untuk memotivasi yang mana nantinya akan dapat memperkuat dan juga membuah kualitas produk yang diciptakan menjadi lebih kokoh.

Selain itu selama ini yang menyebabkan kurang terkenalnya produk – produk yang berkualitas yang berasal dari negara Indonesia sendiri adalah faktor informasi yang kurang maksimal. Belum lagi ditambah dengan sikap yang cenderung skeptic kepada berbagai produk yang mana memiliki label buatan Indonesia. Sikap skeptic seperti itu tentu saja akan membuat mental dari anak bangsa menjadi menciut dan ragu serta tidak maksimal di dalam membuat produk kreatif anak bangsa lainnya.

Padahal di dalam membuat sebuah produk kreatif anak bangsa yang mana memiliki kualitas baik di kancah internasional tentu saja membutuhkan dukungan dari pihak negara sendiri, dengan demikian tentu saja produk kreatif anak bangsa yang dibuat nantinya dapat bersaing di industry tanah air maupun sampai di kancah internasional. Jika produk kreatif anak bangsa tersebut memiliki kualitas yang baik dan juga didukung oleh pemerintah Indonesia tentu saja nantinya akan turut serta dalam membanggakan Indonesia itu sendiri dan juga dapat memajukan negara Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Jika produk – produk tersebut tidak didukung dengan baik tentu saja nantinya akan membuat rasa tidak percaya diri muncul dan juga dapat mengalami penjajahan ekonomi dan juga kebudayaan. Sedangkan untuk menjadi negara yang maju dan berkembang tentu saja membutuhkan sikap dan juga rasa percaya diri yang lebih.

Keunggulan Menggunakan Produk Lokal

Di dalam membuat beberapa produk kreatif anak bangsa terkadang memang memiliki beberapa kendala seperti produk yang mana kalah saing dengan produk luar negeri karena biasanya sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa orang yang menggunakan produk luar negeri nantinya akan terlihat lebih berkelas dan juga mewah karena kualitasnya yang jauh lebih baik, kemudian juga bahan dasar dari pembuatan produk yang mana masih jarang atau bisa juga karena bahan yang digunakan hanya sedikit. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan rasa kenyamanan pada masyarakat untuk menggunakan produk luar negeri yang mana produknya lebih banyak ada di pasaran jika dibandingkan dengan produk lokal yang mana hanya terdapat di beberapa gerai tertentu. Berbeda halnya dengan produk luar negeri yang mana sangat mudah ditemukan dan tersedia hampir di semua gerai.

Kemudian penyebab Indonesia harus bisa mengembangkan produk lokal sendiri tentu saja untuk memungkinkan Indonesia menjadi tuan rumah dan tergerak untuk mengikuti maju serta dapat bersaing dengan negara maju lainnya. Namun tentu saja hal tersebut harus dimulai dari bangsa Indonesia itu sendiri, seharusnya masyarakat Indonesia tergerak untuk menggunakan produk kreatif anak bangsa buatan Indonesia, terlebih lagi jika sedang berada di luar negeri bisa dimanfaatkan seperti saat berada di luar negeri Anda bisa mengenakan baju batik atau produk kreatif anak bangsa lainnya, dengan demikian tentu saja masyarakat luar negeri akan tertarik dan bisa menjadi pusat perhatian yang mana nantinya bisa menjadi tren terkini.

Menggunakan produk kreatif anak bangsa sendiri juga memiliki beberapa kelebihan dan juga keuntungan yang nantinya bisa didapatkan seperti harga yang ditawarkan lebih terjangka karena harga dari produk lokal secara otomatis akan lebih murah dan juga cocok untuk semua kalangan, baik untuk yang menengah ke bawah maupun ke atas. Kemudian produknya juga tidak akan keras di kulit dan aman untuk digunakan karena sudah disesuaikan dengan masyarakat Indonesia itu sendiri. Terlebih lagi untuk kosmetik.

Lalu keuntungan lainnya adalah masyarakat Indonesia bisa menambah kecintaan dari Indonesia karena jika Anda membeli produk lokal tentu saja secara otomatis akan mencintai negaranya sendiri, selain itu Indonesia nantinya juga akan bertambah kaya dengan produk kreatif anak bangsa yang laris di pasaran dan juga akan mensejahterakan para pekerja di Indonesia. Oleh karena itu sebagai penerus bangsa Indonesia tentu saja harus selalu memproduksi produk – produk yang mana berkualitas dan juga berguna serta membanggakan untuk negara Indonesia.

Produk Buatan Lokal Yang Mendunia

Berbicara tentang produk kreatif anak bangsa, sekarang ini ada banyak sekali produk yang diproduksi oleh anak bangsa dan sukses mengalihkan perhatian dunia serta memberikan keuntungan bagi negara Indonesia. Dan selain itu tentu saja anak – anak bangsa yang memproduksinya membanggakan negara Indonesia.

Lalu apa saja produk kreatif anak bangsa yang sudah mendunia dan juga membanggakan karena bermanfaat untuk negara Indonesia dan juga negara yang lainnya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Yang pertama adalah tongsis, sebagian besar orang baik itu di Indonesia maupun di negara lain, tentu saja menyukai selfie atau foto diri sendiri. Dan untuk Anda yang menggemari selfie, maka diproduksilah tongsis yang merupakan singkatan dari tongkat narsis yang mana diciptakan oleh salah satu anak bangsa yang berguna untuk membantu pada saat memfoto diri sendiri atau sebuah objek dalam jarak tertentu. Tongsis ini sendiri diciptakan oleh Anindito Respati Giyardani, dan tak hanya di Indonesia, tongsis ini sudah dipasarkan sampai dengan beberapa negara lainnya.

2. Kemudian yang kedua adalah gaun eksotis rancangan dari Tex Saverio yang mana seorang anak muda Indonesia dan sekaligus menjadi perancang / desainer gaun atau pakaian yang sudah digunakan oleh banyak sekali artis papan atas dunia. Bahkan gaun rancangannya sudah pernah digunakan oleh Lady Gaga, Kim Kadarsihan dan yang lainnya, selain itu yang membanggakan adalah Tex Saverio ini berhasil disejajarkan oleh Alexander McQueen dan juga Versace. Dan hal tersebut tentu saja menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk bangsa Indonesia.

3. Lalu yang ketiga adalah Bagteria, Bagteria sendiri merupakan sebuah tas yang mana dibuat oleh wanita Indonesia yang memang memiliki keturunan Brazil dan bernama Nancy Go dan juga temannya Irine Ng. Dua wanita tersebut sudah mulai merintis usahanya sejak tahun 2000 dengan cara membuat sebuah produk tas lokal dan karya mereka ini ternyata banyak dilirik dan diminati oleh beberapa selebriti dunia seperti Paris Hilton dan juga Emma Thomson bahkan yang lebih membanggakan lagi adalah disukai oleh keluarga kerajaan Inggris. Produk tas ini sendiri memang berbeda dengan tas lain dan memiliki bentuk yang antic, selain itu tas produk lokal ini juga sudah bisa disejajarkan dengan produk dari luar negeri seperti Louis Vuitton dan juga Channel.

 

 

Sumber foto: www.liputan6.com

LEAVE A REPLY