“Kreativitas dapat memecahkan hampir semua masalah. Tindakan kreatif, sikap kuat yang pada dasarnya mengatasi semuanya.” – George Lois (Designer, penulis, pemimpin periklanan berkebangsaan Amerika)

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas sering dikaitkan dengan dunia seni, bahkan ada yang beranggapan itu bakat bawaan lahir atau keturunan. Padahal sebenarnya kemampuan tersebut ada pada setiap manusia sejak ia dilahirkan.

Kreativitas memang sangat diperlukan, di dunia pekerjaan maupun bisnis. Tujuannya agar mampu mengikuti perkembangan dan kemajuan jaman. Lalu bagaimana meningkatkan kreativitas kita dalam berkarya?

Cobalah kiat-kiat di bawah ini yang bisa Anda lakukan sehari-hari!

1. Fokus

Fokus memang menjadi kunci utama untuk dipraktekkan agar mencapai hasil yang optimal. Fokus di sini maksudnya ialah fokus dalam hal mempelajari ilmu baru, pengetahuan, maupun informasi terbaru terkait dengan kreativitas yang dimiliki. Misalkan teknik baru membuat sketsa wajah, menggambar dengan bahan pewarna baru, dan lainnya. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan karya yang menakjubkan.

2. Mau Terus Belajar dan Berani Menunjukkan Karya Orisinil

Dibutuhkan semangat, kerja keras, mengamati sekeliling untuk bahan referensi, mencoba menuliskan ide-ide baru yang Anda temukan, agar kreativitas terus menyala. Dari hari ke hari harus mau belajar untuk mengasah kemampuan. Mencari ilmu dari berbagai sumber, kemudian mengembangkannya dalam sebuah karya.

Sebuah karya cemerlang akan lahir dari proses belajar yang tekun. Setelahnya Anda bisa menunjukkan kepada dunia karya orisinil Anda yang patut dibanggakan.

3. Pajang Mainan di atas Meja Kerja

Banyak perusahaan desain kreatif mendorong karyawan untuk menaruh mainan di meja kerja karyawannya. Mulai dari mainan seperti lego, gundam, kertas origami, dan robot-robot.

Pemandangan yang menyenangkan seperti mainan tersebut dapat merileksasi pikiran kita dibanding melihat tumpukan berkas dokumen. Bukan tidak mungkin ide-ide cemerlang bermunculan setiap waktu.

4. Mencoba Menulis Fiksi secara Cepat (flash fiction)

Flash fiction merupakan bentuk tulisan yang terdiri dari potongan-potongan cerita yang sangat pendek. Ada banyak komunitas flash fiction online dimana anggotanya menulis cerita dalam 100 kata. Tidak ada salahnya Anda mulai berlatih menulis cerita pendek dari sekarang.

Pasalnya, menulis itu mampu meningkatkan daya ingat dan melatih memori otak. Masih ingat kapan Anda terakhir menulis di kertas atau buku?

Dengan menulis pada Collins Notebook, Anda bisa menjadi semakin semangat menulis karena notebook ini bisa dibawa kemana pun Anda pergi. Tampilannya yang elegan membuat Anda ingin terus menulis di berbagai suasana.

5. Doodling/Sketching

Suni Brown, penulis The Doodle Revolution, mencatat bahwa beberapa orang sukses seperti Henry Ford dan Steve Jobs sering dan senang melakukan coretan tangan untuk menuangkan ide dan konsep pada penemuan baru mereka. Mencoret-coret juga bisa meningkatkan daya ingat dan mengaktifkan jalur syaraf yang mengarah pada kreativitas tanpa batas.

Dengan terus memiliki semangat untuk membuat doodle atau sketsa ketika ide-ide brilian muncul, maka sebuah karya utuh pun bisa Anda ciptakan.

Simpan semua tulisan, coretan, maupun sketsa dalam media yang tepat seperti notebook. Dengan menggunakan media yang tepat, seperti Collins Notebook, maka Anda bisa terus berlatih untuk menghasilkan karya-karya yang sempurna.

Collins Notebook bukan sembarang buku catatan seperti pada umumnya. Smart Touch Technology-nya membuat ide cemerlang di atas kertas Collins Notebook dengan sekejap bisa dipindahkan ke smartphone berbasis Android. Maka semua data bisa ditransfer ke ponsel via NFC (Near Field Communication). Cukup scan atau foto tulisan maupun gambar lalu bisa dibagikan ke teman atau klien tanpa batasan jarak maupun waktu.

Sekali lagi yang Anda perlu ingat bahwa kreativitas bukan semata-mata bawaan lahir, melainkan dapat dirangsang dan tumbuh dari kemampuan yang terus diasah setiap hari.

Pastikan Collins Notebook setia menemani Anda berlatih untuk menghasilkan karya-karya otentik yang gemilang.

Sumber : http://lifestyle.liputan6.com/read/2538954/kiat-mudah-melatih-otak-menjadi-kreatif

LEAVE A REPLY