Grafiti adalah seni menggambar yang biasanya terdapat di tembok-tembok. Meskipun bagi orang awam melihatnya hanya sebagai corat-coretan biasa, namun seni grafiti ini membutuhkan skill yang tidak mudah. Salah satu seni grafiti yang cukup unik adalah seni grafiti buatan Sergio Odeith.

Nama Sergio Odeith di dunia grafiti internasional sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu. Lahir di Portugal, seniman ini pertama kali memegang alat bomber di pertengahan tahun 1980-an.

Pengalaman pertama Odeith membuat gambar di dinding jalan dan rel kereta api selalu membuatnya semangat untuk mengembangkan keahliannya. Tak lama kemudian, ia berkesempatan membuat grafiti berukuran besar di Damaia, Carcavelos. Bahkan banyak yang menyebut grafiti surealisnya booming karena karakter dan yang tampak seperti keluar dari tembok.

Awalnya, seniman ini menunjukkan minat khusus dengan karakter shading dan perspektif. Namun, ia belajar gaya sendiri yang disebutnya dengan ‘sombre 3D’. Di dalamnya terdapat komposisi, lanskap, potret, pesan, dan keluar dari gaya realis.

Pada tahun 2005, Odeith diakui secara internasional untuk terobosannya dalam bidang seni anamorphic. Ia keluar dari komposisinya dan membuat grafiti dengan permukaan yang berbeda sehingga menciptakan efek ilusi optik. Pada tahun 2008, ia menutup studio tatonya dan pindah ke London.

Usai membuat grafiti di jalanan dan sudut kota, Odeith beralih menciptakan mural berukuran raksasa untuk perusahaan nasional dan internasional. Seperti perusahaan Coca Cola, Estradas de Portugal, Samsung, klub sepak bola Lisboa e Benfica, dan lain-lain.

Selama lebih dari 10 tahun, Odeith telah membuat potongan-potongan yang luar biasa dengan permainan perspektif grafitinya. Meski kini sudah banyak software 3D tapi ia memberikan energi yang luar biasa dalam setiap karyanya, yang mungkin tidak bisa dibuat dengan menggunakan software.

Seperti apa grafiti karya Odeith? Langsung saja lihat foto-fotonya di bawah ini, diambil dari situs Sergio Odeith, Odeith.com. (tom)

LEAVE A REPLY