VIVA.co.id – Merasa bosan mungkin begitu menjengkelkan. Namun, pakar psikologi menemukan kebosanan justru bisa memicu kreativitas. Kesimpulan itu disampaikan pakar psikologi Universitas Central Lancashire, Inggris.

Dikutip dari Telegraph, Rabu 25 Maret 2015, untuk sampai pada kesimpulan itu, peneliti telah menguji responden dalam sebuah tes.

Dalam penelitiannya, pakar psikologi Universitas Central Lancashire, Sandi Mann meminta mahasiswanya untuk menemukan penggunaan kreatif dari dua cangkir plastik. Hal itu untuk mengukur sejauh mana kreativitas mahasiswa.

Namun, sebelum Mann meminta tugas tersebut, para mahasiswa diminta untuk menjalankan tugas yang membosankan. Tugas tersebut adalah menyalin nomor kontak dalam ponsel dalam sebuah kertas secara langsung.

Hasilnya uji coba itu menunjukkan, mahasiswa yang telah menjalankan tugas menyebalkan itu justru jauh lebih kreatif memainkan cangkir dibanding kelompok mahasiswa lain.

“Kebosanan adalah emosi yang menarik karena dipandang sebagai hal negatif. Padahal itu adalah kekuatan yang memotivasi,” ujar Mann.

Dari hasil studi itu, Mann yakin, seharusnya para orangtua jangan khawatir saat anak mereka mengeluh bosan. Justru seharusnya orangtua harus gembira.

“Tak seperti banyak orangtua saat ini, saya cukup senang ketika anak saya merengek karena mereka bosan. Menemukan cara untuk menghibur diri merupakan keterampilan penting,” tutur dia.

Keyakinan Mann juga dikuatkan oleh psikolog Universitas Southampton, Inggris, Wijnand van Tilburg.

Bagi Tilburg, ia sepakat kebosanan bermanfaat bagi seseorang. Keyakinan dia juga dilandasi oleh hasil penelitian ilmiahnya bersama timnya.

“Kami telah menemukan kebosanan memenuhi fungsi penting. Kebosanan membuat orang tertarik untuk terlibat dalam kegiatan yang mereka temukan,” kata dia.

Kedua pakar itu tengah menulis hasil pengalamannya itu dalam majalah Masyarakat Psikologi Inggris, The Psychologist.

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/605881-studi-kebosanan-bikin-orang-makin-kreatif

LEAVE A REPLY