Ada banyak sekali potensi yang ada di Indonesia ini, salah satunya adalah produk kreatif anak bangsa, ada banyak sekali produk-produk kreatif dari hasil anak bangsa, dan ternyata hal ini sangat diterima oleh pasar global. Produk-produk yang berhasil dibuat oleh anak bangsa ini tidak hanya di satu sektor, namun juga di berbagai macam sektor. Ini yang patut untuk diacungi jempol dan tentunya mendapatkan dukungan dari kita semua. Berikut ini adalah beberapa produk kreatif yang berhasil diciptakan oleh anak bangsa.

1. Tongsis

Bagi Anda yang menyukai selfie, tentu tahu apa itu tongsis. Tongsis sendiri adalah singkatan dari Tongkat Narsis. Tongat ini berhasil diciptakan oleh salah satu anak bangsa yang bernama Anindito Respati Giyardani. Karena ini merupakan inovator lokal, sehingga tidak ada hak paten yang berhasil dibuat, akibatnya siapa saja dapat membajak alat yang disebut dengan tongsis ini. Tongkat ini berhasil menembus mancanegara, dan berbagai negara berhasil membuat produk sejenis dengan mudah. Tongsis adalah sebuah produk yang tentunya mempermudah siapa saja untuk mengambil gambar sediri dari jarak tertentu.

2. Gaun eksotis Tex Saverio

Jika mendengar nama Tex Saverio maka ingatan kita akan seorang pria berkebangsaan tertentu, namun ternyata itu salah besar. Tex Saverio adalah anak muda Indonesia yang berhasil membuat rancangan yang digunakan oleh para artis papan atas dunia. Ada banyak sekali gaun eksotis yang berhasil diciptakan oleh pria yang lahir pada tahun 1984 ini. Karya-karya rancangannya banyak digunakan oleh Kim Kadarsian, Lady Gaga, dll. Bahkan nama Tex Saverio berhasil disejajarkan dengan Versace dan Alexaner McQueen. Tentunya ini akan menjadi sebuah kreasi yang sangat membanggakan.

3. Bagteria

Produk kreatif anak bangsa  lainnya adalah Bagteria. Tas Bagteria ini dibuat oleh seorang wanita Indonesia keturunan Brazil yang bernama Nancy Go dan temannya yang bernama Irine Ng. Wanita-wanita cantik ini mulai merintis usahanya sejak tahun 2000 dengan membuat tas lokal, namun ternyata karyanya ini disukai oleh para selebrity dunia, seperti Emma Thomson dan Paris Hilton, bahkan keluarga kerajaan Inggris. Yang unik dari tas ini adalah bentuknya yang antik dan berbeda dari tas lainnya. Tas buatan Nancy go ini bahkan berhasil disejajarkan dengan Channel dan Louis Vuitton.

4. Wira Winata dan bisnis animasi

Anda tentu pernah menonton film kartun seperti Disney TV, Buena Vista Games, dll. Tahukah Anda siapa orang yang berhasil masuk ke dalam industri seperti itu, adalah Wira Winata warga indonesia yang menggemari membuat tokoh kartun. Dari sekedar hobby membuat pria tersebut berhasil bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti yang disebutkan di atas. Bahkan saat ini pria ini tengah bekerja sama untuk membuat film kartun bersama Cartoon Network dan Gotham Group.

5. Sabbatha

Tas Sabbatha, mungkin beberapa dari Anda pernah mendengarnya. Nama lengkapnya adalah Sabbatha Rahzuardi adalah wanita yang berada di balik rancangan tas yang bernama Sabbatha ini. Setelah 3 tahun bekerja sebagai art direktor di sebuah perusahaan di Bali, Sabbatha memutuskan untuk beralih profesi untuk menjadi desainer tas. Berawal dari tas dengan bahan kain, kemudian dia mempelajari berbagai desain tas dengan memadukan berbagai macam material, seperti batuan natural, ukiran dari tanduk rusa, ukiran perak, dll. Dengan banyaknya inovasi yang berhasil dibuat, tidak heran jika rancangannya tersebut berhasil menembus berbagai negara yang ada di dunia,  seperti Paris, Italia, India, Jepang, dll. Ada banyak selebrity dunia yang menyukai tas rancanganya seperti Katie Holmes, Helena Paprizou, dll.

6. Dian Pelangi

Bagi para hijaber tentu mengenal sosok wanita cantik yang satu ini. Dian Pelangi adalah salah satu wanita yang berhasil menorehkan namanya di kancah internasional. Dian pelangi adalah seorang desainer wanita yang khusus membuat busana muslim. Karyanya ini banyak diminati oleh para kawula muda karena gayanya yang  masa kini dan mematahkan bahwa busana muslin identik dengan mode kuno. Dian Pelangi juga berhasil memasuki pasar Internasional karena rajin mengikuti kegiatan fashion show khusus untuk busana muslim. Dian Pelangi juga menjadi trend center untuk desain busana muslim dan juga trend center untuk desain hijab yang unik dan nyaman digunakan.

7. Eiger

Penggemar olahraga outbond tentu mengenal produk yang satu ini. Eiger, adalah brand yang berasal dari Bandung sejak tahun1990. Eiger adalah sebuah produk yang menyediakan berbagai macam perlengkapan adveture. Produk ini juga diterima oleh berbagai macam negara seperti Jerman, Brunei, dll. Kualitas Eiger tentunya tidak dapat diragukan lagi.

8. Griselda Sastrawinata

Anda pernah menikmati animasi Sherk, salah satu animator dari film tersebut adalah Griselda Sastrawinata, dia Adalah seorang wanita yang berasal dari Indonesia. Wanita ini turut terlibat dalam pembuatan film animasi Sherk ini. Hasil karyanya ini memang patut untuk diacungi jempol, dan hingga saat ini wanita ini masih bekerja sama dengan Dreamworks.

9. Partner in Crimes

Wanita yang dipanggil dengan Fahrani Empel ini memang sudah pernah mencicipi dunia modering bahkan hingga ke Mancanegara. Kali ini wanita ini tengah menjajal dunia bisnis sepatu yang unik. Sepatu buatannya ini mendapat sambutan baik di publik lokal hingga mancanegara, seperti Spanyol. Saat ini Partner in Crime tengah menjajal negara Australia.

10. Cincin Metalica

Pria yang memiliki nama Hedi Rusdian ini memutuskan untuk berkancah di mancanegara. Itu karena salah satu karyanya sangat dinikmati oleh band Metalika yang terkenal yaitu Metalica dan Sepultura. Awalnya membuat cincin metal ini adalah hobby belaka, karena dasarnya pria ini memang menyukai musik metal.  Dari sekedar hobby pria ini kemudian memutuskan untuk membuat sebuah cincin untuk para penggemar musik metal. Tidak disangka ternyata group band tekenal sangat menyukai karyanya ini, bahkan saat ini group band tersebut menjadi langganan tetap desain cincin dari pria ini.

11. Nilou

Namanya adalah Niluh Djelantik adalah seorang wanita yang berasa dari bali yangmendesain produk Nilou. Produk Nilou ini berdiri sejak tahun 2004, dan awalnya wanita ini berniat membuat sebuah sepatu high heels yang sangat nyaman untuk dipakai,  dan ternyata sepatunya tersebut mendapatkan sambutan yang menyenangkan, seorang warga Australia kemudian bersedia menjadi distributor dan kemudian memasarkan produk Nilou tersebut ke Eropa dan Amerika.

12. Mimsy

Adalah Cristyna Theosa yang lahir di Tuban pada tanggal 2 January 1982, yang kemudian membuat sebuah tas dengan label Mimsy.  Wanita yang mengambil jurusan grafis, di Art Center College of Design Pasadena, Amerika ini mempunyai hobby mendesain tas dengan model clutch, kemudian pada tahun 2004 mulai membuat tas clutnya sendiri dan memasarkannya ke sebuah butik di Santa Monica, California. Ternyata desain tas buatannya digemari oleh warga AS, dan dalam waktu yang relatif singkat, produk Mimsy ini dikenal oleh masyarakat global, seperti di kanada, Dubai, Madrid, dll.

Mempunyai produk kreatif tidakperlu malu, karena siapa tahu produk tersebut dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat, demikianlah ulasan mengenai produk kreatif anak bangsa.

LEAVE A REPLY