kanada-resmi-legalkan-penggunaan-ganja-dan-penjualan-ganja

BBC Kanada – Pasar ganja dibuka secara nasional pada Rabu (17/10) tengah malam, meskipun masih banyak yang mempertanyakan dampak kesehatan, hukum dan keselamatan publik menggunakan ganja.

Kampanye kesadaran publik dan informasi tentang undang-undang baru dikirim oleh pemerintah kepada 15 juta rumah tangga di Kanada.

Tetapi ada juga kekhawatiran, antara lain, tentang kesiapan pasukan polisi untuk menangani orang-orang yang mengemudi di bawah pengaruh ganja.

 

Provinsi dan kotamadya Kanada telah mempersiapkan berbulan-bulan untuk melegalkan penggunaan marijuana.

Semua pemerintah daerah di Kanada bertanggung jawab untuk menetapkan aturan pada area khusus di mana penduduk dapat membeli dan mengkonsumsi ganja.

Di sisi lain, ini menciptakan beberapa celah terkait dengan undang-undang di seluruh negeri karena daerah dan provinsi dapat memilih seberapa ketat atau longgar aturan untuk menjual dan menggunakan ganja.

Toko-toko di provinsi Newfoundland, zona waktu paling timur di Kanada, dibuka pada tengah malam untuk penjualan ganja legal pertama di negara tersebut.

 

Seberapa siap Kanada untuk ganja?

Beberapa analis memperkirakan bahwa akan ada kekurangan ganja rekreasi di tahun pertama legalisasi karena produksi dan perizinan masih tidak sinkron dalam memenuhi permintaan pasar.

Sementara pasarnya sendiri masih dalam periode pertumbuhan yang sangat awal.

 

Ontario, provinsi paling padat di Kanada, akan mulai membuka toko ritel untuk ganja musim semi mendatang, meskipun penduduk sudah dapat memesan ganja secara online.

British Columbia, salah satu provinsi dengan tingkat penggunaan marijuana tertinggi di Kanada, akan memiliki toko legal mulai Rabu (17/10).

Sampai ada lokasi penjualan resmi yang lebih banyak, banyak pengecer ganja yang tidak berlisensi yang telah berkembang sejak undang-undang baru itu diusulkan, mungkin tetap terbuka.

Tidak jelas apakah polisi akan mengambil tindakan terhadap mereka, atau pergi

 

Legalisasi ganja adalah pemenuhan janji Perdana Menteri Justin Trudeau, pemimpin Partai Liberal yang berkuasa, selama kampanye Pemilu 2015.

Trudeau berpendapat bahwa hukum Kanada yang mengkriminalisasi obat selama hampir satu abad tidak efektif, mengingat bahwa Kanada masih merupakan salah satu pengguna terberat di dunia.

Menurut dia, undang-undang baru ini dirancang untuk menjaga obat-obatan dari jangkauan anak di bawah umur dan agar tidak menjadi sumber penghasilan bagi para penjahat.

Pemerintah federal juga sudah memperkirakan akan meraup $ 400 juta (Rp4,5 triliun) setahun dari pendapatan pajak atas penjualan ganja.

Kepemilikan ganja dimulai di Kanada pada tahun 1923 tetapi penggunaan medis telah disahkan sejak tahun 2001.

 

Kanada mengikuti jejak Uruguay, yang menjadi negara pertama di dunia, yang pada tahun 2013 mensahkan penjualan ganja untuk penggunaan rekreasi. Sejumlah negara bagian AS juga telah mengakhiri larangan ganja melalui referendum.

Di berbagai negara Eropa, mariyuana medis juga disahkan.

Apa aturannya?

Orang dewasa akan dapat membeli minyak ganja, biji-bijian, tanaman kering dan marijuana dari produsen dan pengecer berlisensi dan mungkin memiliki hingga 30 gram (satu ons) ganja kering di tempat umum.

Asupan ganja yang diinfuskan hanya akan memasuki pasar satu tahun setelah UU tersebut berlaku. Penundaan ini dimaksudkan untuk memberikan waktu kepada pemerintah untuk merumuskan peraturan khusus untuk produk tersebut.

Di sisi lain, jika Anda yang memiliki lebih dari 30 gram di tempat umum, menanam lebih dari empat tanaman per rumah tangga dan anda membeli dari dealer yang tidak berlisensi, itu berarti melanggar hukum.

Beberapa pelanggaran ketentuan ini dikenakan hukuman berat. Orang-orang yang tertangkap menjual ganja untuk anak di bawah umur dapat dipenjara hingga 14 tahun.

Beberapa orang menganggap hukuman terlalu keras dan tidak proporsional dengan hukum yang serupa, seperti hukum menjual alkohol kepada anak di bawah umur.

Apa yang masih kamu khawatirkan?

Berakhirnya larangan itu tidak berarti bahwa masalah hukum dan kesehatan yang terkait dengan ganja telah berakhir.

Pada Senin (15/10), Canadian Medical Association Journal menerbitkan sebuah artikel yang menyebut legalisasi “percobaan nasional yang tidak terkendali, di mana keuntungan produsen ganja dan pendapatan pajak didorong tanpa mempertimbangkan kesehatan Kanada”.

Selain itu, tetap masih ada beberapa masalah hukum yang harus dihadapi.

Pemerintah Kanada telah merumuskan kejahatan baru tentang mengemudi di bawah pengaruh ganja, tetapi masih ada keraguan tentang keandalan teknologi pemindaian dan potensi kerumitan kasus di pengadilan.

 

Jajak pendapat menunjukkan bahwa sekitar setengah dari pengguna ganja Kanada tidak percaya bahwa kemampuan mengemudi mereka terganggu setelah mengkonsumsi ganja.

Perubahan undang-undang Kanada juga membingungkan AS yang masih mengontrol ganja dengan ketat.

Dinas Perbatasan Perbatasan AS mengatakan pada hari Selasa bahwa penjaga perbatasan akan memiliki cakrawala yang luas untuk menentukan siapa yang dapat diterima ke Amerika.

Penjaga perbatasan dapat meminta perang