bank-tolak-beri-pinjaman-karena-pria-ini-tidak-punya-jari

Wu Jianping, pemuda yang berusia 25 tahun asal Zhengzhou China.  Ia kehilangan kedua tangannya akibat peristiwa tragis yang menimpanya pada saat ia berumur lima tahun.

Pria yang biasa disapa Wu ini memiliki keterbatasan pada fisiknya, banyak orang yang meremehkannya bahkan memandang ia sebelah mata. Wu seringkali mengalami ejekan sepanjang hidupnya oleh orang sekitar karena keterbatasan yang ia miliki. Akibat kemalangannya tersebut Wu sering mendapat tindak ketidakadilan.

Seperti dilansir dari My Newshub, Wu ditolak permohonannya oleh bank untuk pinjaman pembelian rumah di Zhengzhou, China karena ia tidak bisa memenuhi syarat cap jari. Ketidakmampuan Wu memenuhi syarat tersebut dikarenakan keterbatasan yang ia miliki, meskipun ia diperbolehkan menggunakan mulutnya untuk mengisi data lengkapnya namun pihak bank tetap meminta cap jari untuk mengesahkan data tersebut.

Penolakan pinjaman yang dilakukan oleh pihak bank itu telah memperlihatkan kegagalan birokrasi yang masih percaya bahwa cap jari merupakan kaidah untuk mengikat sesuatu menurut undang-undang.

Pihak bank pun kembali mempertimbangkan keputusan penolakan kepada Wu akibat banyaknya media yang meliput serta simpatik pada kasus ini. Di waktu yang bersamaan, biro pengurusan perumahan juga meminta pihak bank untuk memikirkan cara lain yang dapat digunakan untuk melakukan pengesahan supaya individu lain yang mempunyai keterbatasan seperti Wu tidak mengalami tindak ketidakadilan.

LEAVE A REPLY