Banjir Lahar Dingin Terjadi di Karo Sumut

Karo – Banjir lahar dingin terjadi di Desa Sukatendel, Kecamatan Tiga Nderket, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Akibatnya, jalur utama yang menghubungkan Kecamatan Tiga Nderket ke Kecamatan Kuta Buluh sempat terendam air selama 2 jam dan tidak dapat dilalui.

Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB tadi, Rabu (18/1/2017). Banjir merendam 3 rumah dan merusak beberapa kebun bawang merah milik warga.

“Tidak ada korban jiwa. Saat ini air sudah surut,” kata Agustatius kepada detikcom.

Banjir Lahar Dingin Terjadi di Karo SumutFoto: Istimewa

Agustatius mengatakan, sekitar pukul 14.00 WIB tadi, hujan mengguyur beberapa kecamatan di sekitar Gunung Sinabung. Air tersebut seharusnya melalui jalur sungai aliran lahar dingin.

Namun sekitar satu jam setelahnya, sebagian air keluar alur sungai karena sebagian tertutup material.

“Mengakibatkan air melintasi perkebunan warga, jalan raya Desa Sukatendel dan merendam 3 rumah yang tingginya sekitar 20 sentimeter,” ujar Agustatius.

Pemkab Karo, petugas dari TNI dan BPBD Karo langsung terjun ke lokasi untuk meninjau dan membantu warga yang terkena dampak banjir tersebut.

Banjir Lahar Dingin Terjadi di Karo SumutFoto: Istimewa

Untuk menormalisasi aliran sungai, petugas mengerahkan satu unit alat berat. “Kita imbau warga agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir bandang lahar dingin,” kata Agustatius.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo, Natanail Perangin-angin mengatakan, petugas gabungan tengah membantu membersihkan jalan raya dan rumah yang terendam lumpur.

“Upaya yang sedang dilakukan adalah normalisasi jalur lahar,” kata Natanail.

Banjir Lahar Dingin Terjadi di Karo Sumut

 

 

sumber:https://news.detik.com/berita/d-3399575/banjir-lahar-dingin-terjadi-di-karo-sumut?_ga=1.10441013.1294773785.1484782682

LEAVE A REPLY