TAVULLIA – Valentino Rossi telah meraih sembilan kali juara dunia balap GP Motor (di kelas berbeda). Akan tetapi sejak 2009, The Doctor mengalami paceklik gelar, sebuah target yang ingin dicapainya pada musim 2017.

Banyak yang bilang Rossi merupakan pembalap dengan karakter kuat dan kadang memiliki masalah dengan beberapa rekan setimnya. Namun untuk lima pembalap ini, boleh dibilang sebagai musuh abadinya di lintasan MotoGP. Siapa sajakah mereka dan siapa yang mampu mengungguli The Doctor?

1.Max Biaggi
Dia merupakan rival besar pertama Rossi dan yang paling berbahaya di trek. Rossi yang baru masuk GP Motor, punya ambisi mengalahkan Biaggi yang saat itu sudah jadi rider senior dan jadi legenda Italia di kelas 250cc. Perseteruan keduanya dibilang yang paling mematikan di atas aspal. Contohnya di lomba GP Catalunya 2001. Untuk rivalitas yang ini, Rossi mengungguli sang ‘Kaisar Roma’ (julukan Biaggi).

2.Sete Gibernau
Saingan terbesar kedua Rossi di lintasan MotoGP ialah Sete Gibernau. Setelah beberapa tahun saling bersahabat, hubungan baik mereka mulai renggang di GP Qatar 2004. Gara-garanya, Honda (yang saat itu jadi tim Gibernau), melaporkan Rossi telah melakukan perbuatan curang setelah melakukan pembakaran karet ban skuter miliknya di posisi start. Secara keseluruhan, Gibernau kalah dari Rossi.

3.Casey Stoner
Rivalitas antara mereka, sejatinya tidak nampak dari sisi emosional, layaknya persaingan antara Rossi dengan Biaggi. Baik Stoner dan Rossi sama-sama saling menghargai dan menghormati baik di dalam maupun di luar lintasan. Namun bunga api terpercik dari ‘gaya koboi’ The Doctor di GP Laguna Seca 2008. Stoner mengeluh dengan agresivitas Rossi di tikungan corkscrew waktu itu. Pada 2007 Rossi kalah dari Ducati-Stoner. Tapi pada 2008-2009, pembalap dari Tavullia sukses kalahkan Stoner.

4.Jorge Lorenzo
Musuh keempat Rossi di lintasan balap GP Motor ialah Jorge Lorenzo. Persaingan antara keduanya selama tujuh musim di garasi Yamaha, boleh dibilang membuat kedua kubu dalam satu tim jadi tegang. Sebagai anak baru, Lorenzo boleh kalah dari Rossi pada 2008-2009. Namun Lorenzo ganti ungguli The Doctor pada 2010 dan 2015. Persaingan mereka disebut jadi yang paling seru, khususnya di luar lintasan. Karena di perebutan gelar 2015, Rossi menuduh X-fuera telah melakukan kerjasama dengan musuh, hingga Rossi memanggil Lorenzo dengan sebutan badut. Tapi pada 2016, Lorenzo yang ganti keberatan dengan aksi overtaking Rossi di lomba GP San Marino. Meski begitu, Lorenzo meninggalkan Rossi dan Yamaha dengan perpisahan secara baik-baik.

5.Marc Marquez
Juara dunia tiga kali kelas bergengsi dalam empat musim terakhir. Dia merupakan pembalap terakhir penantang Rossi di lintasan dan sejauh ini jadi yang paling sukses. Walau Marquez tak pernah menyembunyikan kekagumannya atas The Doctor, tensi panas relasi mereka meletus pada 2015. Yakni ketika Rossi menuduh Marquez telah membantu Jorge Lorenzo memenangkan gelar juara dunia, dan mencapai puncaknya di GP Malaysia. Namun, di GP Catalunya 2016 mereka telah berdamai, walau pada akhir musim Rossi untuk ketiga kalinya kalah dari The Baby Alien. Bagaimana dengan 2017, apakah Maverick Vinales bakal menambah deretan musuh Rossi di lintasan MotoGP?

LEAVE A REPLY