JIKA membicarakan MotoGP, maka satu nama yang langsung terpatri dibenak adalah rider legendaris yang masih mengaspal hingga kini, Valentino Rossi. Pembalap asal Italia tersebut merupakan rider tersukses yang ada di MotoGP saat ini.

Meskipun sudah berusia cukup tua, yakni 37 tahun, Rossi sama sekali tak loyo dalam perburuan gelar. Bersaing dengan pembalap yang jauh lebih muda seperti Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, Rossi tetap bertaji dan merepotkan keduanya.

Namun di balik kemasyhuran Rossi di atas trek, ada beberapa fakta yang mungkin belum diketahui oleh para pembaca Obrolan Vatika. Oleh karena itu,Obrolan Vatika akan menyebutkan bagian pertama dari 10 fakta The Doctor yang dikutip dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2016).

1. Hubungan Asmara Rossi

Rossi sudah menjalin hubungan dengan tujuh perempuan sejauh ini. Kebanyakan profesi kekasih Rossi adalah model dan aktris. Saat ini, ia tengah mengencani Linda Morselli yang merupakan model asal Italia berusia 23 tahun.

2. Mobil Spesial dari Ferrari

Sebagai salah satu atlet legendaris di Italia, wajar jika Ferrari memberikannya hadiah sebuah mobil spesial untuk The Doctor. Pabrikan asal Bologna tersebut menghadiahi Rossi Ferrari 458 Italia dengan desain yang dibuat khusus untuk Rossi. Nomor pelat mobilnya pun spesial, yakni ‘046VR’.

3. Pembalap Sekaligus Selebriti

Jago di trek balap membawanya juga ke dunia hiburan di Italia. Buktinya Rossi dipercaya sebagai juri acara memasak Master Chef Italia. Lebih spesialnya lagi, episode tersebut dilangsungkan di trek pribadi Rossi.

4. Tanah Pribadi Rossi

Rossi memiliki tanah pribadi seluas 198 hektare. Di sana terdapat sekolah balap VR46, lahan pertanian, pabrik wine, dan tak ketinggalan trek balap sepanjang 2,8 kilometer yang ia beri nama ‘Rossi Ranch’.

5. ‘The Doctor’ Bukan Satu-satunya Julukan Rossi

Rossi memang terkenal dengan julukan The Doctor. Namun sejatinya ada julukan lain yang juga disematkan kepadanya. Julukan tersebut yakniRossifumi, Valentinik, dan King of Mugello.

6. Tradisi Helm Unik di Mugello

Sirkuit Mugello adalah segalanya untuk Rossi. Kesuksesannya di balapan yang dilangsungkan di “rumahnya” sendiri tersebut tak perlu diragukan lagi. Setiap kali membalap di sana, sejak awal kariernya di kelas premier, ia pasti menggunakan helm balap dengan desain khusus, tak terkecuali tahun ini.

7. Gila Balapan

Selain jago menggeber motor di ajang MotoGP, Rossi juga jago melibas trek di ajang rally. Tidak hanya itu, bahkan ia pernah menjajal mobil Formula One bersama Ferrari pada 2010 di Sirkuit Katalunya.

8. Rossi Juga Menulis Autobiografi

Mungkin tidak banyak yang tahu, selain sukses dalam duia balap, Rossi juga sukses dalam dunia tulis-menulis. Ia sudah menelurkan satu buku autobiografinya yang berisi soal hidupnya di dalam maupun di luar trek balap. Autobiografinya tersebut diberi nama ‘What If I Had Never Tried It’.

9. Mengilapnya Karier Rossi

Selama bertarung di arena balap, Rossi sudah mencatatkan 112 kemenangan, 55 kali berada di posisi kedua, 44 kali di posisi ketiga, 211 kali naik podium, 61 kali mencetak pole position. Statistik tersebut diambil di seluruh kelas (125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP).

10. Gelimang Harta

Kesuksesan berbanding lurus dengan pendapatan yang ia raih. Kontraknya dengan Yamaha yang dimulai pada 2015-2016 dikabarkan bernilai hingga USD135 juta (sekira Rp1,7 triliun). Ia juga dikabarkan mendapatkan gaji sebesar USD10 juta dari Yamaha per tahun (sekira Rp130 miliar), angka tersebut empat kali lebih besar daripada yang diterima Marc Marquez.

LEAVE A REPLY