MADRID – Partai keempat penyisihan grup Liga Champions baru saja digelar. Selain ada beberapa tim yang sudah dipastikan lolos ke babak gugur, tercipta juga sejumlah catatan unik.

Persaingan di Grup A dan Grup D sudah berakhir meski tersisa dua laga lagi. Arsenal dan Paris Saint-Germain (PSG) resmi melenggang karena sama-sama meraih 10 angka. Keduanya unggul sembilan angka dari Ludogorets dan Basel.

Di Grup D, Atletico Madrid dan Bayern Muenchen juga melaju. Los Rojiblancos meraih 12 angka lantaran menyapu bersih empat laga. FC Hollywoods meraup sembilan angka berkat tiga menang dan satu kalah. Dan, PSV Eindhoven dan Rostov baru merebut satu angka.

Borussia Dortmund juga sudah mengamankan tempat di babak gugur. Wakil Jerman itu setidaknya telah mengunci posisi runner up Grup F dengan torehan 10 angka. Real Madrid hampir pasti menemani karena mendulang delapan angka.

Itu berarti persaingan menuju fase selanjutnya masih terjadi di Grup B, Grup C, Grup E, Grup G dan Grup H. Belum adanya yang dipastikan melenggang karena selisih angkanya cukup dekat.

Selain itu ada sejumlah catatan unik yang tercipta. Berikut rinciannya:
* Mauricio Pochettino kini melewati enam laga beruntun disemua kompetisi tanpa kemenangan untuk pertama kalinya selama jadi pelatih, sejak Desember 2013. Itu terjadi setelah Tottenham Hotspur dikalahkan Bayer Leverkusen 0-1.

* Tottenham Hotspur kalah 0-1 saat menjamu Bayer Levekusen di Wembley Stadium. Itu berarti belum ada klub Inggris yang mencatat clean sheet di Liga Champions ketika tampil di Wembley Stadium dalam sembilan upaya.

* Leicester City jadi tim perdana yang terus mencatat clean sheet selama mengikuti empat laga pertamanya di Liga Champions. Itu berkat hasil 0-0 kontra FC Copenhagen.

* Hasil imbang 3-3 antara Real Madrid kontra Legia Warszawa, jadi momen kelabu bagi Zinedine Zidane. Itu pertama kalinya Zizou kebobolan tiga gol di laga resmi selama bertugas di Santiago Bernabeu.

* Gareth Bale tercatat sebagai pemain Real Madrid yang melesakan gol tercepat di Liga Champions, yakni 57 detik.

* Radamel Falcao melesakan gol lagi di Liga Champions sejak 17 Februari 2010, atau selama 2.450 hari. Dia ikut membantu AS Monaco mengalahkan CSKA Moskow 3-0 dengan melesakan dua gol (28, 41).

* Gianluigi Buffon jadi pemain ketiga asal Italia yang setidaknya sudah tampil 100 kali di Liga Champions, setelah Paolo Maldini dan Andrea Pirlo. Rekor itu tercipta kala Juventus bermain 1-1 versus Olympique Lyonnais.

* Borussia Dortmund menang 1-0 saat menjamu FC Porto. Itu berarti Die Borussen telah memenangi empat laga kandang kontra wakil Portugal, dimana memasukan 12 gol dan kebobolan dua kali.

* Arsenal mampu mengalahkan Ludogorets 3-2. Itu pertama kalinya lagi The Gunners menang di laga Liga Champions setelah tertinggal 0-2 sejak September 2009 versus Standard Liege.

LEAVE A REPLY