Kekalahan Manchester United di pekan kelima Liga Inggris 2016/2017 menandai catatan buruk tim sejak diasuh Jose Mourinho. Celakanya, sang pelatih menuai hasil buruk tersebut setelah belanja banyak pemain bintang.

Saat melawat ke markas Watford di Stadion Vicarage Road, Minggu (18/9/2016) anak asuh Jose Mourinho dibekap kekalahan 1-3. Gol Watford dicetak Etienne Capoue (34′), Juan Camilo Zuniga (84′) dan Troy Deeney (90′) sementara gol tunggal United dilesakan Marcus Rashford di menit ke-62.

snpy.tv/2cQkN7J Jose Mourinho says #MUFC must remain positive in the wake of recent results. #MUTVHD

Kekalahan tersebut menjadi sorotan karena sebelumnya MU digadang-gadang sebagai kandidat juara Liga Inggris 2016/2017. Alasanya, klub telah mendatangkan Jose Mourinho sebagai arsitek, juga merekrut pemain bintang seperti Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan dan Paul Pogba. Nama terakhir bahkan memecahkan rekor transfer dunia.

Menurut catatan, kekalahan atas Watford tidak hanya mencoreng nama besar Manchester United dan Mourinho, namun kekalahan tersebut menandai trend buruk mereka. Sebelumnya United takluk saat menjamu Manchester City dan ketika melawat ke markas Feyenoord di pentas Liga Europa.

Fakta Menarik Tiga Kekalahan Beruntun Jose Mourinho
Ini merupakan ketiga kalinya Mourinho menderita tiga kekalahan beruntun dalam karier kepelatihan
Sebelum dikalahkan Watford, terakhir kali Mourinho menderita tiga kekalahan beruntun ketika mengasuh Chelsea pada Agustus 2006
Pertama kali Mourinho menderita tiga kekalahan beruntun ketika mengasuh Porto pada musim 2001/2002
Sejak awal musim lalu, Mourinho sudah terlibat di 21 pertandingan Liga Inggris (16 untuk Chelsea, 5 untuk Manchester United). Manajer asal Portugal itu hanya memenangkan tujuh dari 21 pertandingan tersebut.
Dengan 7 kemenangan dari 21 laga, Mourinho cuma mengantongi 33% kemenangan. Jumlah tersebut masih di bawah Pelatih Swansea Francesco Guidolin (40% kemenangan)
Dari 33 pertandingan terakhirnya, Mourinho telah menderita 14 kekalahan. Padahal pada periode sebelumnya, Mourinho menderita 14 kekalahan dari 111 laga.
Manchester United sebelumnya juga pernah menderita tiga kekalahan beruntun. Pada Desember lalu, United menderita tiga kekalahan beruntun saat diasuh Louis van Gaal.

 

 

LEAVE A REPLY