LAS VEGAS – Nicholas Walters terpaksa menelan kenyataan pahit pada tahun ini. Mantan juara dunia tinju kelas bulu versi WBA itu harus menerima kekalahan perdana selama karir profesionalnya ketika mencoba merebut sabuk juara kelas bulu super versi WBO dari Vasyl Lomachenko pada akhir bulan lalu di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Absen dari ring tinju selama hampir satu tahun tampaknya membuat Walters kehilangan naluri membunuhnya, terlebih dalam penampilan terakhirnya yakni saat debut di kelas bulu super melawan Jason Sosa pada 20 Desember 2015, berakhir dengan hasil imbang.

Menghadapi Lomachenko, yang merupakan salah satu terbaik dalam olahraga tinju, Walters tidak mampu meredam dominasi dan agresivitas petinju asal Ukraina berjuluk Hi-Tech tersebut. Alhasil, Walters hanya sanggup berduel hingga ronde ketujuh, dan tak mampu menyelesaikan lima ronde tersisa.

Axe Man –julukan Walters- menuturkan bahwa selama kamp pelatihan, dirinya tidak mempunyai mitra sparing yang tepat dalam mempersiapkan diri jelang bertanding menghadapi Lomachenko. “Saya kira risiko tersebut sepadan,” ucap petinju berkebangsaan Jamaika kepada Jamaican Star, Minggu (4/12).

Walters menambahkan, apabila dirinya memiliki persiapan yang jauh lebih matang, dia yakin pertarungan melawan Lomachenko akan berakhir dengan dua tangan ke atas atau kemenangan untuknya. “Sekarang saya sadar bahwa saya perlu lebih banyak berlatih,” katanya.

“Saya memiliki dua mitra tanding kidal untuk berlatih dengan saya, tapi ternyata mereka tidak cukup untuk menghadapi petinju sekaliber Lomachenko. Dia adalah petinju tercepat dan paling cerdas yang pernah saya hadapi, dan saya tidak bisa mengatasi gayanya,” tutur petinju 30 tahun.

Selanjutnya, petinju dengan rekor profesional 26-1-1 (21KO) itu akan segera bertemu promotornya, Bob Arum dari Top Rank guna membahas masa depan pertarungannya. Walters berupaya untuk menebus dirinya dengan minimal tiga pertarungan pada tahun depan. Dia mencoba untuk kembali mendapatkan kepercayaan dari para penggemarnya.

“Satu pertandigan dalam satu tahun tidak cukup bagus buat saya. Saya ingin minimal tiga pertarungan tahun depan. Saya sadar bahwa saya telah mengecewakan semua penggemar saya di seluruh dunia. Percayalah, saya akan kembali lagi, lebih baik dari sebelumnya,” harapnya.

Namun sebelum melakukan itu semua, Walters ingin terlebih dahulu menikmati libur serta merayakan Natal.

LEAVE A REPLY