BOLOGNA – Tak banyak yang mengulas secara teknis tunggangan baru Jorge Lorenzo untuk MotoGP 2017, Ducati Desmosedici GP17. Ya, situs Motorsport mengulasnya untuk Anda. Khusus kali ini, yang dicermati adalah lima tombol di setang sebelah kiri.

Kabarnya, tim yang bermarkas di distrik Borgo Paginale, Bologna, Italia tersebut, terinspirasi dari tombol-tombol yang ada di motor GSX-RR milik Suzuki musim lalu.

Hal pertama yang Anda dapat lihat adalah tombol-tombol iniĀ  seluruhnya berada dalam jangkauan ibu jari tangan kiri si pembalap. Nantinya, setiap menekan salah satu tombol ini, akan ada pemberitahuan perubahannya di layar digital di bagian tengah atau dibalik winshield motor. Mari kita cari tahu yuk apa saja fungsinya searah jarum jam!

Tombol merah: Inisial PW (Power)
Pembalap dapat bertindak atas manajemen pemetaan pengiriman tenaga mesin, ada juga pemetaan untuk lomba saat cuaca hujan (lintasan basah).

Tombol biru: Inisial LC (Launch Control)
Tombol ini diaktifkan saat prosedur start dan ini harus benar-benar dipatuhi.

Tombol kuning: Inisial FUE (Fuel)
Tombil ini berkaitan dengan bahan bakar. Seperti diketahui, di kelas bergengsi MotoGP ada aturan yang melarang setiap motor pembalap mengkonsumsi lebih dari 22 liter dalam kapasitas tanki bahan bakar. Dengan begitu, setiap pembalap berhak untuk mencampur bahan bakar guna mengurangi konsumsinya namun disertai dengan pemetaan ECU yang berbeda.

Tombol putih: Inisial PIT (pit)
Ini adalah tombol di mana pembalap dapat memasukkan batas kecepatan saat memasuki jalur pit yang mana bervariasi di setiap lintasan.

Tombol hijau: EB (Engine Brake)
Ini merupakan tombol kontrol yang berfungsi sangat penting, yang bertindak saat pembalap melakukan pengereman. Fungsinya disebut untuk menghindari reaksi pengereman yang mungkin terlalu agresif/berlebihan. Tombol kontrol ini bisa diatur secara manual oleh si pembalap guna menyesuaikan dengan gaya balapnya sendiri saat mengerem.

LEAVE A REPLY